Share

Pengaruhi Cita Rasa Makanan, Ini Tips Mengasah Pisau yang Benar

Tiara Putri, Okezone · Senin 16 April 2018 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 16 298 1887346 pengaruhi-cita-rasa-makanan-ini-tips-mengasah-pisau-yang-benar-p1sMkkuSxW.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)
A A A

PISAU adalah salah satu peralatan masak yang memiliki peranan penting. Bahkan beberapa pisau tertentu berkaitan dengan rasa makanan yang lezat karena proses pemotongan ikut berpengaruh. Maka dari itu, setiap orang yang hendak memasak disarankan untuk menjaga kualitas pisaunya.

Pisau yang bagus tentu harganya mahal, tapi apalah artinya bila tidak dirawat. Pisau harus diasah di waktu tertentu untuk menjaga kualitasnya. Menurut Dave Arnold, mantan instruktur di salah satu sekolah kuliner, seiring lama penggunaannya pisa diasah mulai dari sudut 30° hingga 40°.

“Tepi yang sangat tipis bisa menciptakan kerusakan karena permukaannya mulai rata lebih ke bentuk bulat atau bisa juga melengkung bahkan melipat. Hal itu memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tapi yang perlu diingat, penting untuk mempertahankan ketajaman pisau serta sudut keruncingan yang tepat yang hanya bisa didapat dengan cara mengasahnya,” tutur Dave seperti yang dikutip dari Independent, Senin (16/4/2018).

Pisau membuat proses memasak menjadi lebih efisien karena dapat dengan mudah mengiris makanan tanpa harus terlalu banyak tekanan. Bila sudah mulai sulit dilakukan maka sudah waktunya pisau untuk diasah. Selain itu pisau tumpul juga bisa menyebabkan kecelakaan karena membuat penggunanya tergelincir saat memotong. Untuk menguji waktu yang tepat untuk mengasah pisau, Dave menyarankan menggunakan tomat, lemon, paprika, bawang, dan wortel. Perhatikan tingkat kemudahan ketika memotong bahan makanan tersebut.

Dave pun memberikan tips yang benar untuk mengasah pisau. Pertama gerakkan ujung pisau dengan ringan pada sudut 15° atau 20°. Asah sebanyak tiga kali di setiap sisi. Idealnya pisau diasah sebelum atau sesudah digunakan, namun mengasah bisa dilakukan kapan saja dirasa perlu. Selain itu, untuk menjaga ketajaman pisau gunakanlah papan pemotong dengan benar. Permukaan yang terlalu keras dapat membuat pisau menjadi tumpul. Pilihlah papan kayu atau papan plastik.

Jangan lupa untuk membersihkan dan menyimpan pisau dengan benar. Sebisa mungkin cucilah pisau menggunakan tangan dan hindari penggunaan mesin cuci piring agar tidak merusaknya. Kemudian simpan pisau dengan memasukkannya pada sarung atau tempat khusus. Sebab membiarkan pisau terbuka dapat membuatnya berkarat atau mencelakai pengguna.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini