Share

Makin Nikmat dengan Kecombrang

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 16 April 2018 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 16 298 1887444 makin-nikmat-dengan-kecombrang-7c4nKd5pzh.jpg Ilustrasi (Shutterstock)
A A A

KECOMBRANG merupakan jenis tumbuhan rempah yang bunga, buah, dan bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Mungkin bagi orang awam, kecombrang terdengar asing di telinga. Namun, sekarang semakin banyak restoran di Ibu Kota yang menggunakan kecombrang sebagai bumbunya. Menu seperti nasi goreng maupun mi bahkan ditambahkan kecombrang agar terasa lebih berselera.

Di berbagai daerah, rempah ini punya nama lain, seperti di Medan disebut kincung atau di Padang disebut kincuang dan sambuang. Sementara orang Thailand menyebutnya daalaa. Di Bali, kecombrang disebut kecicang, sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai untuk membuat sambal matah.

Kecombrang yang disebut juga bunga honje dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus, lalu dimakan bersama sambal di Jawa Barat.

Kecombrang yang dikukus juga kerap dijadikan bagian dari pecel di daerah Banyumas. Di Pekalongan, kecombrang yang diiris halus dijadikan campuran pembuatan sejenis urap berbahan dasar nangka muda.

Selain Indonesia, kecombrang menjadi unsur penting dalam masakan laksa di Malaysia dan Singapura. Di Tanah Karo, kecombrang atau honje muda disebut asam celaka. Kuncup bunga dan polongnya menjadi bagian pokok sayur asam Karo, juga menjadi peredam bau amis sewaktu memasak ikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini