Share

Mengulik 5 Manfaat Tempe, Makanan Favorit Orang Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 16 April 2018 11:51 WIB
$detail['images_title']
Tempe (Foto: Shutterstock)

TEMPE terbuat dari kedelai fermentasi yang diklaim punya manfaat kesehatan. Satu potong tempe juga kaya protein yang mudah diserap oleh tubuh.

Tak salah jika Anda makan tempe setiap hari dan merasakan manfaat dan nutrisinya yang melimpah. Karena banyak pernyataan tempe itu baik, maka Harvard School of Public Health menyelidiki manfaat lebih lanjut.

Sering kali dikatakan bahwa seseorang yang rajin konsumsi makanan berbasis kedelai, mudah melawan penyakit kanker. Begitu pun dengan tempe, yang pasti digemari oleh masyarakat Indonesia. Tempe sangat cocok untuk makanan diet sehari-hari. Karena itu Anda tidak boleh melewatkannya.

 (Baca Juga: Viral! Berdoa di Bawah Guyuran Hujan, Pria Ini Hampir Tersambar Petir)

Dilansir Livestrong, Senin (16/4/2018), ada lima manfaat tempe berdasarkan studi yang dipaparkan oleh peneliti dari Harvard. Simak ulasan lebih lanjut sebagai berikut.

Meningkatkan metabolisme

Makan tempe dapat meningkatkan asupan protein Anda. Satu potong tempe mengandung 31 gram protein. Tempe mengandung protein lengkap berkualitas tinggi dan mengandung asam amino yang wajib didapatkan oleh tubuh. Kandungan proteinnya membantu Anda mempertahankan jaringan otot, serta membuat enzim sel Anda diperlukan tubuh. Karena sering makan tempa Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik dan imunitas yang selalu terjaga. Asyiknya, tempe cocok dimakan oleh vegetarian atau seseorang yang juga gemar makan daging.

Mencegah penuaan

Perempuan dalam hidupnya membutuhkan asupan kolagen yang melimpah. Dalam satu hari, Anda direkomendasikan mendapatkan asupan kolagen untuk mencegah penuaan. Kolagen sifatnya membantu perempuan untuk mencegah timbulnya kerutan kulit, wajah tidak cerah, noda hitam, jerawat, dan sebagainya. Tidak hanya perempuan, laki-laki yang makan tempe juga membantu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit.

  (Baca Juga: Unik! 6 Foto Pernikahan di Rusia Ini Bikin Geleng-Geleng)

Cegah kanker payudara

Tempe mengandung 100 miligram isoflavon, yang merupakan fitonutrien yang mirip dengan estrogen manusia. Sementara senyawa ini menawarkan beberapa manfaat kesehatan, seperti kanker payudara. Tak hanya itu, penderita kanker payudara juga disarankan makan tempe supaya kadar estrogen dalam tubuhnya tetap stabil.

Menekan nafsu makan

Makan tempe sangatlah mengenyangkan, sehingga dengan mudahnya Anda menekan nafsu makan. Itu karena tempe mengandung niacin yang sangat baik untuk dikonsumsi. Bagi yang diet untuk melangisngkan badan, biasanya disarankan untuk makan tempe oleh ahli gizi. Tapi pengolahan tempe yang sehat jangan digoreng ya!

Menekan risiko diabetes

Kacang kedelai kaya akan kandungan protein dan lemak tak jenuh. Makan banyak tempe, serta mengonsumsi makanan berbasis kacang kedelai lainnya, mampu menurunkan tingkat gula darah. Sehingga, manfaatnya dapat menurunkan risiko diabetes. Hal ini harus Anda dapatkan agar hidup nyaman bebas dari diabetes.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)