Share
Advertisement

NASA dan SpaceX Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Pemburu Planet

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Senin 16 April 2018 11:01 WIB
(Foto: NASA)
(Foto: NASA)
A
A
A

JAKARTA - NASA dan SpaceX siap untuk meluncurkan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) bersama roket Falcon 9. Apabila rencana berjalan dengan mulus, maka observasi akan dilalui dalam misi selama dua tahun.

Misi ini dilakukan untuk survei lebih dari 85 persen langit, mencari exoplanet atau planet asing di sekitar bintang terang di jarak 300 tahun cahaya. Dilansir Spaceflightinsider, Minggu (15/4/2018), TESS akan diluncurkan pada 6.32 p.m. EDT (22:32 GMT) pada 16 April 2018 dari Cape Canaveral Air Force Station's Space Launch Complex 40.

Menurut 45th Space Wing, saat ini ada peluang 80 persen kondisi cuaca yang bisa diterima selama jendela peluncuran 30 detik. Hal yang diperhatikan ialah kekuatan angin.

Apabila cuaca tidak mendukung, misi bisa diundur 24 jam. Kondisi diharapkan membaik dengan peningkatan peluang kondisi cuaca lebih dari 90 persen.

Pesawat luar angkasa ini memiliki berat 350 kilogram, yang dinilai tidak terlalu besar. Perangkat memiliki tinggi 1,5 meter dan lebar 1,2 meter yang disertai panel surya.

Sayap pesawat memiliki panjang 3,9 meter dan memiliki 4 teleskop wide-angle serta mengorbit di atas Bumi. Kabarnya, ia akan mengorbit Bumi selama dua kali dalam satu waktu.

Menurut NASA, orbit pesawat ini seharusnya bisa bertahan hingga beberapa dekade.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, salah satu ilmuwan dari proyek TESS NASA, Stephen Rinehart menegaskan jika TESS akan menggantikan tugas pesawat luar angkasa Kepler. Kepler sendiri telah beroperasi selama hampir sembilan tahun di luar angkasa."

Baca juga: NASA Gunakan Satelit untuk Berburu Planet Asing

“Kepler hanya bertugas untuk sensus: Seberapa umum planet pada umumnya? Seperti apa distribusi ukuran planet? Apakah planet seukuran Bumi itu umum?,” ujar Stephen seperti dikutip dari laman The Verge.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Astronot yang Dijelaskan NASA

Tak ketinggalan Stephen menjelaskan jika TESS memiliki satu tugas spesifik, yakni mencari sebuah planet berbatu seukuran Bumi yang berada di orbit sekitar galaksi Bima Sakti, di mana air dapat berkumpul. Jika planet tersebut juga memiliki atmosfer yang mirip dengan Bumi, hal ini membuka kesempatan bagi manusia untuk hidup di planet lain selain Bumi.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement