Share

Ingin Punya Senyuman Manis? Coba 7 Trik Mudah Ini

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 10:14 WIB
$detail['images_title']
ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SENYUM merupakan salah satu hal sederhana yang pertama kali diamati orang lain dari diri Anda. Maka dari itu, banyak orang mendambakan punya senyuman manis. Pasalnya, hal ini dapat membuat rasa percaya diri seseorang meningkat.

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan senyuman manis. Asal Anda tahu beberapa kunci pentingnya. Berikut ini trik memiliki senyuman manis yang memesona, seperti dilansir dari laman Hellosehat.com:

1. Rutin sikat gigi

Jangan sepelekan kebiasaan yang satu ini. Disitat dari laman Healthline, rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari akan membuat gigi menjadi lebih putih dan sehat dibandingkan dengan orang yang jarang menyikat gigi. Sebab plak yang mengeras akibat jarang menggosok gigi akan menumpuk sehingga mulut jadi terasa kurang nyaman. Kalau begini, Anda sendiri pun akan susah memberikan senyuman manis yang alami.

Menurut drg Mazen Natour, seorang prosthodontist dari New York, teknik menyikat gigi yang salah seperti menggosok terlalu keras dan penuh tekanan dapat merusak lapisan email gigi dan lapisan dentin. Alhasil, warna gigi malah menjadi kekuningan.

2. Gunakan sikat gigi dengan kualitas yang baik

Menyikat gigi dengan rutin sebaiknya diiringi dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki kualitas baik. Saat ini sudah banyak dipasarkan berbagai macam sikat gigi yang dilengkapi dengan bulu yang lembut maupun gagang yang nyaman digenggam. Tujuannya untuk memudahkan penggunaannya serta memaksimalkan hasil saat menyikat gigi. Nah, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan keadaan gigi dan mulut.

3. Flossing gigi

Flossing merupakan metode dalam membersihkan gigi dengan menggunakan benang tipis khusus yang diselipkan di antara gigi. Fungsinya untuk membersihkan plak di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan ginggivitis. Sebab jika dibiarkan terus-menerus, maka plak dan karang gigi akan menumpuk di bawah gusi yang akhirnya menyebabkan penyakit periodontitis (infeksi gusi parah yang disertai dengan kerusakan tulang).

Tak hanya itu, plak yang menumpuk pada sela-sela gigi akan terlihat dengan jelas saat Anda tersenyum atau tertawa. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk itu, cobalah sesekali melakukan flossing gigi dengan cara menyapukan benang tipis khusus gigi ke arah atas bawah secara bergantian di setiap permukaan gigi. Tujuannya untuk membuang kotoran yang tersisa di gigi.

4. Berhenti merokok

Perokok memiliki warna gigi yang lebih kuning dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau. Meskipun kadang noda yang diakibatkan dari rokok masih bisa dibersihkan dengan rajin gosok gigi, pada beberapa kasus noda ini meresap ke dalam gigi hingga menempel pada email gigi. Pada perokok berat, warna gigi akan terlihat kecokelatan bahkan menghitam setelah bertahun-tahun merokok.

Selain itu, dilansir dari laman WebMD, merokok juga bisa merusak kesehatan gusi Anda yang akan memengaruhi tulang serta jaringan lunak di sekitar gigi. Lebih khususnya lagi, kondisi ini bisa mengganggu fungsi normal sel-sel pada gusi yang secara langsung akan mengganggu penampilan Anda. Maka jika Anda menginginkan senyuman manis yang sehat hentikan kebiasaan merokok secara perlahan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Kurangi minum kopi dan teh

Minuman seperti kopi dan teh mengandung kafein tinggi yang secara perlahan dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi secara terus-menerus. Noda yang ditinggalkan oleh kafein bisa mengendap sehingga menyebabkan gigi menguning dibiarkan terlalu lama bahkan tanpa dibilas dan disikat secara teratur. Yang pada akhirnya menyebabkan deretan gigi dengan warna yang kurang menarik saat Anda tersenyum.

6. Gunakan produk pemutih gigi

Cara lain yang bisa dilakukan agar lebih percaya diri saat memamerkan deretan gigi ketika tersenyum adalah dengan menggunakan produk pemutih gigi. Beberapa kebiasaan sehari-hari dapat dengan mudah mengubah warna gigi Anda sehingga untuk membuatnya putih kembali Anda harus menempuh berbagai cara.

Namun, sebelum memutuskan produk pemutih gigi yang akan digunakan, ada baiknya cari tahu dulu produk apa yang dibutuhkan. Pasalnya, ada berbagai produk pemutih gigi yang tersedia seperti pasta gigi pemutih, strip dan gel pemutih, pemutih laser, serta obat kumur pemutih. Setiap produk pemutih memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tugas Anda adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya pasta gigi pemutih biasanya banyak digunakan oleh penikmat kopi dan teh, serta pemutih laser yang bisa memberikan kekuatan maksimal dalam memutihkan dan menawarkan hasil yang paling cepat.

7. Periksa gigi secara rutin

Periksa kesehatan gigi secara rutin, terlebih saat ada keluhan pada gigi dan mulut Anda. Pasalnya, masalah pada gigi tidak bisa sembuh dengan sendirinya, tapi harus ditangani dokter. Kerusakan yang tidak segera ditangani akan menjadi semakin parah dan menyakitkan. Nah, sebelum terlambat ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Selain untuk mencegah terjadinya masalah lebih lanjut pada kesehatan gigi Anda, dipastikan Anda juga bisa mendapatkan senyuman manis dan lebih percaya diri dengan gigi yang terawat baik.

1
2