Share

Tips Membuat Bakwan Jagung Renyah, Rahasianya Pakai Air Es!

Renny Sundayani, Okezone · Kamis 19 April 2018 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 19 298 1888757 tips-membuat-bakwan-jagung-renyah-rahasianya-pakai-air-es-2mR0VcHJFy.jpeg
A A A

ANEKA gorengan terutama bakwan jagung merupakan makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, cara membuatnya yang mudah, harga bahannya yang terjangkau, dan rasanya yang gurih sering membuat ketagihan menikmatinya. Umumnya bahan-bahan bakwan jagung terdiri dari jagung pipil, tepung terigu dan telur, dan daun bawang.

Meskipun cara membuatnya terbilang mudah, bakwan jagung bisa saja jadi lembek, tidak berbentuk cantik, tidak chrispy atau bahkan bantat. Apakah Anda pernah membuat bakwan yang seperti itu? Nah, agar sukses membuat bakwan yang renyah dan kriuk, yuk intip tips dari Chef Yusuf dari restoran Rantang Ibu.

1.Tepung terigu sedang

Gunakan tepung dengan protein yang sedang. Alasannya tepung protein tinggi membuat bakwan jagung tidak renyah.

2.Gunakan kuning telur

Penambahan telur memang akan membuat bakwan jadi lebih empuk gurih dan enak. Namun, lemak dalam kuning telur akan membuat bakwan cepat lembek. Karenanya, jika akan memakai telur, gunakan hanya putih telur saja.

3. Gunakan air es

Air es punya efek merenyahkan jika digunakan untuk gorengan bertepung. Itu kenapa, biasanya resep menyarankan kita untuk menggunakan air es saat membuat batter (adonan pencelup yang cair).

4. Deep frying  

Goreng bakwan jagung dengan minyak panas yang banyak (deep-frying) sampai semua bagiannya terendam, sehingga bakwan bisa matang merata, renyah di luar, dan empuk di dalam. Jika minyak untuk menggorengnya kurang banyak, adonan akan lebih lama matang dan justru akan menyerap banyak minyak. Setelah matang dan ditiriskan, taruh bakwan pada piring yang sudah dialas tissue dapur atau kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih setelah digoreng.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini