Share

4 Figur Publik Ini Menjadi Kartini dengan Memperjuangkan Hak Alam

Tiara Putri, Okezone · Minggu 22 April 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 20 196 1889561 4-figur-publik-ini-menjadi-kartini-dengan-memperjuangkan-hak-alam-Yda7UUPMu9.jpg Nadine Chandrawinata (Foto: Okezone)
A A A

SETIAP tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Perempuan bernama lengkap Raden Ajeng Kartini itu memang merupakan sosok yang berjasa besar khususnya bagi kaum perempuan di Indonesia. Dirinya dikenal sebagai pahlawan yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan laki-laki.

Sudah selayaknya perempuan yang hidup di masa sekarang mengapresiasi hal tersebut karena telah merasakan manfaat dari perjuangan yang dilakukan Kartini. Apresiasi bisa berbentuk apa saja, yang terpenting adalah mampu menginspirasi dan membanggakan. Tindakan publik figur perempuan yang peduli dengan lingkungan juga bisa dijadikan contoh.

Berikut beberapa publik figur yang cocok mendapatkan julukan Kartini yang peduli dengan lingkungan:

Nadine Chandrawinata

 

Perempuan blasteran Jerman-Indonesia ini memang dikenal sebagai orang yang gemar melakukan aktivitas di alam. Mulai dari menyelam hingga membersihkan sampah di lingkungan. Sejak 2015 lalu, Nadine Chandrawinata mengadakan program Sea Soldier untuk melindungi alam khususnya laut. Program berbentuk kampanye itu bertujuan membersihkan laut dari sampah-sampah. Selain itu, anak pertama dari tiga bersaudara ini juga berusaha menumbuhkan rasa peduli di masyarakat perkotaan mengenai lingkungan melalui program tersebut.

Riyanni Djangkaru

Namanya dikenal luas setelah menjadi presenter untuk sebuah program menjelajah alam di salah satu stasiun TV swasta. Berbekal kesukaannya terhadap alam, Riyanni Djangkaru juga mengampanyekan program yang memfokuskan pada perlindungan hiu dari perburuan liar. Sebagaimana diketahui, hingga saat ini masih banyak yang memburu hiu untuk diambil daging dan siripnya kemudian dimakan. Kampanye bernama #SaveShark itu digagas Riyanni melalui akun sosial media miliknya dan Divemag. Perempuan yang gemar menyelam ini berharap agar masyarakat yang mendengar tentang kampanye ini berpikir dua kali sebelum menyantap hiu.

Tasya Kamila

Meskipun mengawali karir sebagai penyanyi cilik, Tasya Kamila juga memiliki perhatian yang lebih terhadap lingkungan. Dirinya pernah didapuk menjadi Duta Lingkungan Hidup. Bahkan ia pun sering diundang sebagai pembicara dalam beberapa seminar mengenai pemanasan global. Hal terbaru yang dilakukannya adalah memasukkan energi ke pelosok Indonesia yaitu wilayah Sumba namun tetap ramah lingkungan.

Susi Pudjiastuti

Jauh sebelum mengemban tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti adalah sosok yang menaruh perhatian terhadap lingkungan alam di lautan. Dirinya diketahui sering mengikuti berbagai forum yang membahas tentang kehidupan laut. Susi pun lantang bersuara agar perlindungan terhadap lautan harus terus dilakukan guna menjaga kelestarian penghuni lautan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini