Share

Tips Berkebaya bagi Anda yang Berhijab agar Cantik dan Tetap Santun

Pradita Ananda, Okezone · Minggu 22 April 2018 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 22 194 1890001 tips-berkebaya-bagi-anda-yang-berhijab-agar-cantik-dan-tetap-santun-oGmqKMgmJU.jpg Hijab kebaya (Foto: Pinterest)
A A A

KEBAYA kerap dipilih sebagai busana andalan wanita untuk menghadiri berbagai acara bersifat formal. Mulai dari pesta kelulusan alias wisuda, acara lamaran, atau menghadiri pesta pernikahan.

Namun pemakaian baju kebaya ini harus diperhatikan lebih detail bagi wanita yang sudah memutuskan untuk mengenakan hijab. Sebab, tetap ada pakem-pakem yang tetap harus dipatuhi dalam berbusana kebaya. Seperti apakah tips dalam memakai baju kebaya buat Anda yang sudah berhijab? Dirangkum Okezone, Minggu (22/4/2018) berikut tips cara dalam mengenakan baju kebaya namun tetap santun sebagai Muslimah yang sudah berhijab.

Tidak menerawang

Tidak seperti wanita yang tidak berjilbab, untuk yang berhijab maka kebaya yang dipakai adalah kebaya yang tidak menerawang. Inilah wajib adanya untuk mengenakan full furing sebagai lapisan dalaman yang menutupi agar baju kebaya tidak tampak menerawang transparan. Jika merasa risih dengan penggunaan full furing sebagai lapisan jahitan di dalam kebaya, pemakaian manset model full-body bisa jadi alternatif dalam memakai kebaya agar tetap santun tetap tertutup.

Pemilihan jilbab yang tepat

Berkebaya untuk acara-acara spesial nan formal, tidak sedikit wanita berhijab yang kadang tampil terlalu heboh dengan hijabnya. Sebaiknya pilihlah hijab yang simpel sekaligus yang bisa menutupi aurat di depan seperti bagian kepala dan dada dengan sempurna.

Tidak mencetak siluet tubuh 

Dengan memutuskan untuk berhijab, sejatinya seorang wanita sudah paham akan ketentuan dalam berbusana yakni tidak ketat mencetak siluet tubuh. Maka lupakan sajalah kebaya bersiluet ketat yang bisa menonjolkan lekukan badan, sebaiknya pakai kebaya yang cukup longgar tapi jangan terlalu kebesaran agar tetap aman dan nyaman saat dikenakan. Misalnya bagi yang bertubuh agak gemuk, bisa pilih model kebaya brokat lengan panjang, atau brokat modifikasi, atau brokat semi-Prancis. Sedangkan yang bertubuh pendek, bisa coba kebaya model cape yang cantik, santun, longgar namun tidak kebesaran.

Bermain padu-padan warna

Tampil cantik dengan baju kebaya bukan cuma milik wanita yang tidak berjilbab loh! Wanita berjilbab pun bisa tampil cantik dan santun dalam balutan kebaya. Salah satu triknya ialah lewat permainan perpaduan memadukan warna yang tepat. Tidak perlu matching dari atas kepala hingga ujung kaki, tapi padukan warna jilbab lalu warna kebaya, dan warna rok atau kain bawahan dengan satu tone warna yang senada. Sehingga membuat tampilan akhir menjadi manis dan menarik dipandang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini