Share

5 Sosok Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia dan Dunia

Annisa Aprilia, Okezone · Minggu 22 April 2018 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 22 196 1889960 5-sosok-perempuan-paling-berpengaruh-di-indonesia-dan-dunia-05IiZ2h2KE.jpg Michelle Obama (Foto: Vogue)
A A A

DARI dulu hingga saat ini perempuan tidak pernah tidak memegang peran yang penting dalam kehidupan. Sosoknya yang tangguh dan lembut membuat kehidupan sungguh bermakna.

Mulai dari mengajar, membimbing, dan mendidik anak-anak untuk bisa menghadapi dunia luar. Di dunia ini ada begitu banyak sosok perempuan yang berpengaruh, merangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Hillary Clinton


(Foto: Fortune)

Sempat menjadi ibu negara, Hillary Clinton ikut andil dalam membangun kembali World Trade Center setelah peristiwa 9/11. Saat menjabat sekretaris negara, Hillary menekankan pentingnya hak-hak perempuan dan hak asasi manusia.

 (Baca Juga: 4 Figur Publik Ini Menjadi Kartini dengan Memperjuangkan Hak Alam)

2. Michelle Obama


(Foto: Vogue)

Istri Presiden Barack Obama ini menggunakan perannya sebagai ibu negara untuk memerangi obesitas anak sejak tahun pertama suaminya menjabat. Dia juga sempat berkolaborasi bersama Disney untuk mengampanyekan makanan sehat di seluruh saluran dan taman hiburan.

3. Melinda Gates


(Foto: AFP)

Melinda mendirikan yayasan pada 2000 dan melalui yayasan tersebut dia telah banyak menyumbang dana untuk kesehatan, pendidikan, dan masih banyak yang lainnya. Dia juga pernah mencapai sebuah pencapaian besar dengan memasok kontrasepsi untuk 120 juta perempuan dan gadis di negara-negara miskin di dunia.

4. Megawati Soekarnoputri


(Foto: Okezone)

Putri dari proklamator Indonesia ini menduduki peringkat teratas dari daftar 99 perempuan paling berpengaruh di Indonesia versi Globe Asia. Perempuan pemilik tahi lalat yang khas di wajahnya ini menduduki posisi tersebut, karena dianggap sebagai wanita yang mampu mempertahankan kepemimpinannya yang kuat dalam jiwa nasionalisme. Dirinya juga dinilai memiliki kecakapan dalam mempertahankan keragaman bahasa Indonesia dalam bidang ras, agama, dan kepercayaan di Indonesia.

  (Baca Juga: Para Perempuan Pemegang Estafet Pendidikan Sosial dari Kartini)

5. Iriana Jokowi

(Foto: Antara)

Di urutan kedua, Globe Asia menempatkan Iriana Joko Widodo, dengan penilaian sebagai ibu negara yang memiliki profil kesederhanaan. Dukungan kepada suami sebagai Presiden juga menjadi salah satu penilaian Globe Asia memilih Iriana sebagai wanita paling berpengaruh kedua di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini