Share

Jangan Hanya Andalkan Sampo, Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Atasi Rambut Rontok

Dewi Kania, Okezone · Senin 23 April 2018 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 194 1890271 jangan-hanya-andalkan-sampo-konsumsi-6-makanan-ini-untuk-atasi-rambut-rontok-01KVZ1UvTd.jpg Ilustrasi (Foto: Hairmomentum)
A A A

SAAT mengalami rambut rontok, Anda tentu mengandalkan sampo anti-rontok, tapi hasilnya tak kunjung berhasil. Hal ini mengakibatkan Anda jadi putus asa dan mencari banyak cara.

Siapapun rentan sekali mengalami rambut rontok. Tentu akibatnya dapat mengganggu penampilan yang membuat seseorang tidak percaya diri.

Gaya hidup Anda memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan. Termasuk kekurangan nutrisi yang serius dapat menjadi alasan utama di balik penyebab kerusakan rambut dan rontok.

Tapi karena sering gagal, bukan berarti Anda menghentikan usaha untuk mencegah rambut rontok. Ada cara lain yang bisa diterapkan, seperti mengonsumsi beberapa makanan yang bisa mendukung pertumbuhan rambut.

Dilansir Boldsky, Senin (23/4/2018), berikut adalah enam makanan yang ampuh dikonsumsi untuk mengatasi sekaligus mencegah rambut rontok. Simak ulasannya dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Telur

Rambut Anda sebagian besar membutuhkan asupan protein yang cukup. Maka, dalam kehidupan sehari-hari Anda disarankan untuk makan telur dan aneka produk makanan dengan protein hewani. Paling tidak Anda makan dua telur setiap hari, yang bisa memenuhi nutrisi untuk menguatkan rambut.

Baca Juga: Menyamar Jadi Wanita Muda Cantik nan Jelita, Tante-Tante Porotin Berondong Miliaran Rupiah

Sayuran daun hijau

Zat besi cukup juga menjaga kesehatan rambut agar bebas rontok, bercabang dan kerusakan yang lain. Sementara itu, sayuran daun hijau gelap mengandung tinggi zat besi yang bermanfaat. Rambut Anda juga membutuhkan kandungan antioksidan dan oksigen cukup supaya tak cepat rusak. Karena itu, Anda disarankan untuk makan sayuran hijau seperti bayam, kale, lettuce, kangkung, brokoli, daun singkong, dan lain sebagainya.

Buah-buahan masam

Segala jenis buah-buahan masam mengandung tinggi vitamin C. Rambut Anda juga membutuhkan asupan nutrisi itu agar tetap cerah dan berkilau. Selain itu, kandungan vitamin yang baik itu juga mencegah rambut agar tidak cepat rontok. Vitamin C juga bertanggung jawab untuk produksi kolagen, yang memperkuat kapiler yang terhubung ke batang rambut. Maka, dengan mengonsumsi jeruk, nanas, jambu, lemon, jeruk nipis, mangga dan beberapa buah lainnya dapat menjaga kekuatan rambut Anda.

Kacang-kacangan

Sebagian jenis kacang-kacangan juga mengandung asam lemak omega-3. Khasiatnya dapat menyuburkan rambut Anda. Paling tidak dalam sehari Anda ngemil kacang almond dan walnut, yang tinggi kandungan asam lemak omega-3. Demikian pula, biji rami camilan sehat yang baik dan mengandung lemak esensial untuk rambut Anda.

Wortel

Ternyata makan wortel tidak baik untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi rambut Anda juga bebas rontok saat makan sayuran ini. Wortel mengandung vitamin A yang dapat mendukung pertumbuhan jaringan sel rambut baru. VItamin A dalam wortel juga membantu memproduksi minyak sebum alami di kulit kepala, yang menjaga akar rambut tetap sehat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Bahaya Tidur Gaya Superman di Meja, Wanita Ini Buktinya, Tangannya Harus Dioperasi

Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak baik dan vitamin E. Manfaatnya dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu folikel rambut bekerja lebih efisien. Bersamaan dengan itu, Anda yang suka makan alpukat akan terbebas dari masalah rambut rontok, hingga membuat rambut Anda tetap berkilau karena mengandung lemak baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini