Share

7 Cara membuat Kamar Kos-mu Jadi Zona Tanpa Stres

Pernita Hestin Untari, Okezone · Kamis 26 April 2018 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 25 65 1891206 7-cara-membuat-kamar-kos-mu-jadi-zona-tanpa-stres-9Mtx9OMgP8.jpg Foto: Ilustrasi Pinterest

JAKARTA – Mendengarkan dosen selama berjam-jam, mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk, dan mengurusi segala kegiatan organisasi yang kamu ikuti, pasti akan membuatmu merasa terjebak dalam beban sepanjang waktu.

Tidak perlu khawatir, kamar kos-mu bisa menjadi sebuah pelarian dari tuntutan jadwal kuliah yang padat. Okezone akan memberikan tips bagaimana kamar kos-mu disulap menjadi zona tanpa stress seperti dilansir dari laman Her Campus. Berikut tipsnya. Simak ya!

1. Buat dekorasi

Sesuaikan ruang sebaik mungkin dengan dekorasi dan perabotan, dengan cara menjaga suasana yang menyenangkan. Kamu mungkin bisa memadukan warna-warna netral dan gaya yang minimalis dengan warna cerah yang menghibur di beberapa sisi. Misalnya menghias tembok dengan lukisan atau quotes warna-warni dari koran atau bekas majalah.

Atau jika kamu ingin menyematkan sentuhan kreatif dengan membuat dekorasi Do It Yourself (DIY), misalnya membuat gorden sendiri, karpet kecil, dan bantal. Cobalah berselancar ide-ide di Youtube.

2. Buat pencahayaan yang hangat dan menenangkan

Pencahayaan sangat penting untuk mengatur moodmu, nah pilihan pencahayaan yang hangat akan membuat kamarmu lebih tenang. Kamu bisa menciptakan suasana cahaya lilin-lilin hanya dengan beberapa lampu atau lampu meja. Atau kamu juga bisa menambahkan lampu tumblr atau lampu yang bisa kamu gantungkan di dinding-dinding, lampu ini sudah banyak tersedia di online shop lho.

3. Tingkatkan faktor kenyamanan

Buatlah sarung bantal dan kasurmu bersih, jangan lupa mencucinya dengan rutin. Jika perlu cobalah menyimpan beberapa di dalam lemari sebagai pengganti. Kemudian tambahkan beberapa karpet, sehingga membuat suasana kosmu terasa hangat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

dekorasi kamar kos

4. Aroma yang menenangkan

Jika kamu pernah pergi ke spa, cobalah untuk membeli beberapa lilin aromateraphy, diffusers atau aromaterapi lainnya. Ruangan bersih yang wangi akan membangkitkan suasana tenangmu.

5. Rawat tanaman

Bahkan jika kamu dikomentari tidak bisa merawat dirimu sendiri, merawat tanaman akan menjadi bukti bahwa kamu bisa. Misalnya merawat kaktus atau sesuatu yang segar seperti lidah buaya. Tapi, sejujurnya tanaman buatan bisa menjadi alternatif. Mereka bisa menjadi estetika hutan atau keindahan alam untuk kamu merasa sedang bersantai.

6. Biasakan menjaga kebersihan

Jangan jadikan membersihkan kamar adalah sebuah tugas, tapi jadikan hal itu menjadi cara untuk memperbaiki diri sendiri. Menjadi mahasiswa, membuat kamu akan mencapai usia 20 tahunan, itu bukan usia yang muda lagi.

Banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar ruangan-mu bersih dan tidak berantakan. Misalnya, bereskan tempat tidur kamu sebelum berangkat kuliah, menaruh pakaian kotormu ke keranjang, dan membereskan meja belajarmu dengan rapi.

7. Jauhkan mengerjakan tugas dari kamar kos-mu

Mungkin ini salah satu tips terberat, tapi hal ini mungkin yang paling berdampak. Mengerjakan tugas di kamar-mu membuatya menjadi sama saja seperti ruang kelas. Perlahan cobalah untuk tidak membawa tugas kuliah saat sudah pulang ke kosan, mungkin dengan mengajak teman-mu mengerjakan tugas di perpustakaan kampus. Selamat mencoba!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini