Share

8 Kiat Memulai Bisnis saat Kuliah untuk Si Milenial

Pernita Hestin Untari, Okezone · Kamis 26 April 2018 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 25 65 1891210 8-kiat-memulai-bisnis-saat-kuliah-untuk-si-milenial-SN7loSYOp7.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA – Bagi orang yang memiliki jiwa pebisnis, mendedikasikan waktu dan energi untuk bisnis adalah pekerjaan tersendiri. Dalam memulai bisnis dibutuhkan kemauan keras untuk memulainya bahkan pada usia berapa pun. Nah memulai bisnis pertama-mu saat masih kuliah akan sangat menantang.

Beberapa CEO terkenal di dunia seperti Mark Zuckerberg (Facebook), Michael Dell (Dell Computers) dan Steve Berkowitz (Insomnia Cookies) memulai bisnis mereka di kampus.

Tapi mungkin menyeimbangkan tugas sekolah dan impian wirausaha terlihat merepotkan di benakmu. Okezone akan memberikan beberapa tips untuk kamu bagaimana memulai bisnis pada masa kuliah, seperti di nukil dari laman Enterpreneur.

1. Prioritaskan

Menemukan prioritasmu akan menjadi sebuah tantangan, pertama tentukan tujuan karier jangka pendek dan jangka panjangmu. Coba bertanya pada dirimu apakah dorongan untuk memulai bisnis dapat membantu kamu menentukan tujuan karier kedepan atau kebutuhan yang paling penting. Selain itu renungkanlah pertanyaan-pertanyaan berikut:

- Kenapa kamu memulai bisnis sebelum lulus? 

- Apakah kamu melihat karier masa depan dengan bisnis yang kamu bangun setelah lulus nanti?

Saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, tentukan dengan jelas alasanmu. Kemudian putuskan kapan mengorbankan waktu belajar versus peluang bisnis. Setiap situasi bergantung pada urgensi tenggat waktu, tetapi menetapkan prioritas dapat membantu menjernihkan pikiran yang menjadi fokus sasaran pada saat tertentu.

2. Pilih kursus yang tepat

Jembatanilah kesenjangan antara sekolah dan bisnismu. Kamu bisa mengikuti kursus terkait usaha yang akan kamu kembangkan untuk membantu menghemat waktu dan memungkinkan lebih banyak latihan sehingga kamu lebih bisa memanajemen waktu dengan baik.

3. Memanfaatkan sumber daya sekolah

Perguruan tinggi dan universitas biasanya menawarkan beberapa sumber daya gratis yang dapat kamu manfaatkan saat memulai bisnis. Layanan fotokopi dan cetak, wifi gratis, sumber daya online, dan bahan pustaka adalah alat yang sangat diperlukan untuk membantu kemajuan minat bisnis.

4. Koneksi

Kuliah menawarkan mahasiswa memiliki banyak waktu luang. Saat kamu membangun bisnis, cobalah membangun koneksi dengan teman sekelas dan mahasiswa lain untuk bergabung denganmu. Pertimbangkan untuk melemparkan ide kolaborasi kepada mereka dan menjadikannya kesempatan belajar untuk semua orang. Banyak startup telah mempekerjakan siswa untuk onboarding. Selain itu, di kampus dengan banyak mahasiswa memungkikan kamu untuk bertemu dengan individu dengan beragam ide untuk menghasilkan konsep-konsep yang inovatif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Ajukan pertanyaan yang berpikiran bisnis di kampus

 Untuk menghasilkan produk bisnis berkualitas tinggi, kamu harus mengujinya dengan hati-hati. Pertama, kamu harus menemukan strategi kerja sehingga tahu berapa banyak waktu untuk membagikan untuk pekerjaan sekolah dan bisnis. Periksa strategi penjualan pesaing dan uji produk di lingkungan kampusmu. Tanyakan kepada sesama siswa, organisasi atau komunitas apakah mereka tertarik dengan bisnis atau layanan semacam ini (misal startup yang sedang kamu kembangkan).

6. Temukan opsi pendanaan

 Pertumbuhan keuangan merupakan faktor penting dalam tahap awal bisnis. Jika kamu ingin menghasilkan aliran uang, kuliah adalah cara yang bagus untuk menemukan sumber pendanaan untuk bisnismu, misalnya dengan beasiswa atau mengikuti lomba-lomba terkait produk yang kamu buat.

7. Buat jadwal dan daftar periksa

Merasa kewalahan? Buatlah daftar periksa harian dan soroti tenggat waktu yang paling penting. Daftar periksa membantu kamu tetap fokus dan mengoptimalkan sasaran tertentu.

8. Tetap fokus dan semangat

Hal yang paling sulit saat kamu kuliah dan menjalankan bisnis adalah memperoleh kesenangan. Teman-temanmu pasti akan mengajakmu untuk nongkrong sampai malam atau mencoba kafe baru untuk bersenang-senang. Cobalah unntuk fokus dan katakan tidak, kamu bisa menerapkan sistem hadiah pada diri kamu, jika target sudah terpenuhi pergilah pada saat akhir pekan. Semoga berhasil!!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini