Share

Ramadan Sudah di Depan Mata, Bunda Jangan Lupa Bayar Utang Puasa Ya

Ahmad Luthfi, Okezone · Kamis 26 April 2018 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 26 196 1891653 ramadan-sudah-di-depan-mata-bunda-jangan-lupa-bayar-utang-puasa-ya-7gW21k323e.jpg (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Ramadan 1439 H atau bulan puasa tahun ini akan tiba dalam beberapa pekan ke depan. Sebelum memasuki Ramadan, Anda diwajibkan membayar utang puasa yang belum terlunasi.

Betapa pentingnya melunasi utang puasa atau dalam Islam disebut dengan qadha di luar Ramadan, karena hal ini termaktub di dalam salah satu ayat Alquran.

"Barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain," Surah Al-Baqarah: 184.

Bagi yang memiliki utang puasa, Anda masih bisa membayarnya sebelum masuk Ramadan selanjutnya. Berdasarkan keterangan A’isyah radhiyallahu ‘anha, "Dulu saya pernah memiliki utang puasa ramadhan. Namun saya tidak mampu melunasinya kecuali di bulan sya’ban. (HR. Bukhari 1950 & Muslim 1146).

 Ramadan

(Foto: Reuters)

Bulan ini masih Sya’ban, sehingga Anda masih memiliki kesempatan untuk membayar puasa.

Manfaat Puasa

Bagi mereka yang melaksanakan puasa, maka sesungguhnya ada manfaat yang bisa Anda rasakan dari sisi kesehatan. Di antara manfaat berpuasa ialah dapat membuang racun pada tubuh.

Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk menjelaskan, ada banyak manfaat puasa yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Ramadan

(Foto: Reuters)

Puasa bisa mengobati beberapa penyakit tertentu, misalnya radang sendi. Puasa juga membantu seseorang yang sedang sakit agar cepat pulih atau sembuh.

Baca Juga: Cerita-Cerita Lucu Tentang Mualaf Amerika yang Baru Masuk Islam

Ketika seseorang berpuasa tubuhnya akan beristirahat dan racun-racun akan dikeluarkan dari dalam tubuh, sehingga membantu memulihkan dengan cepat. Puasa juga sangat baik untuk mengubah tingkah laku.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Awkarin Ubah Tampilan dengan Mengenakan Hijab

Puasa juga dapat menghentikan kecanduan alkohol, rokok, dan junkfood yang bila tidak dihentikan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk penyakit tertentu seperti diabetes yang sudah tergantung dengan insulin, tentunya tidak bisa berpuasa karena harus menggunakan insulin secara rutin. (lut)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini