Share

Diary Sri Mulyani ke Washington DC dan 8 Oleh-Olehnya

Rani Hardjanti , Okezone · Kamis 26 April 2018 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 26 20 1891746 diary-sri-mulyani-ke-washington-dc-dan-8-oleh-olehnya-Q5zNIKK05N.jpg Menkeu Sri Mulyani dengan Managing Director IMF Christine Lagarde. (Foto: Facebook Sri Mulyani)
A A A

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani sejak 16 April hingga 25 April bertolak ke Washington DC. Keberangkatan Sri Mulyani bukan untuk jalan-jalan, melainkan mengembang misi khusus. Apakah itu?

Berdasarkan penelusuran Okezone, Kamis (26/4/2018), Sri Mulyani tampak serius hingga tertawa lepas bersama para 'juru kunci' keuangan dunia. Antara lain, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, Managing Director Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde, Chief Operating Officer International Finance Corporation (IFC) Stephanie von Friedeburg, dan Gubernur Bank of England Mark Carney.

Pertemuan tersebut juga bagian dari rangkaian agenda penting, di antaranya persiapan Annual Meeting IMF - World Bank 2018. Di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah, yang rencananya akan dihelat di Bali.

Sri Mulyani pun mengabadikan aktivitasnya selama di Negeri Paman Sam. Aktivitas tersebut sangat penting dan tentu hasilnya merupakan ''oleh-oleh'' bagi kebutuhan negara Indonesia. Berikut ini "dairy" Sri Mulyani beserta rombongan.

1. Sri Mulyani Indrawati menayangkan siaran langsung, 19 April pukul 0:17 ·

Hari Rabu 18 April 2018 pukul 13.00 waktu Wahington DC, saya menjadi salah satu panelis dalam seminar bertajuk: Creating Markets for Climate Business: Mobilizing Private Finance for Climate Solutions.

Panelis lainnya adalah Stephanie von Friedeburg, IFC Chief Operating Officer, Horacio Rodriguez Larreta, walikota of Buenos Aires, Argentina dan Jonathan Taylor, Vice President, European Investment Bank. Bertindak sebagai moderator adalah Gillian Tett, US Managing Editor, Financial Times.

Kami membahas bagaimana pemerintah dapat memberikan solusi mengenai iklim yang sehat, khususnya tentang clean energy, smart cities dan green finance.

2. Sri Mulyani Indrawati menayangkan siaran langsung, 19 April pukul 7:58.

Malam ini saya menjadi pembicara dalam Gala Dinner US Indonesia Society (USINDO) di Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (18/04) waktu setempat.

Acara ini melibatkan investor, policy maker, maupun para pemimpin-pemimpin di Washington DC, baik dari sektor public pemerintahan dari Non-Goverment Organization (NGO) maupun dari masyarakat swasta.

Gala dinner ini dalam rangkaian kegiatan IMF-World Bank Group Spring Meetings 2018.

3. Sri Mulyani Indrawati, memposting foto pada 19 April pukul 21:09. 


Bertempat di kantor Bank Dunia Washington DC, Hari Rabu 19 April 2018, Panitia Nasional Annual Meeting IMF - World Bank Group bertemu dengan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim beserta jajarannya. Kami bersama Ketua Panitia Nasional Menko Maritim Luhut Panjaitan dan juga Menkominfo Rudiantara melaporkan beberapa persiapan yang sudah dilakukan oleh Panitia Nasional. Turut hadir juga Dirjen Imigrasi dan Kapolda Bali sebagai anggota Panitia Nasional.

Pertemuan ini nantinya akan diselenggarakan di Nusa Dua, yang terletak di bagian paling selatan Pulau Bali dan berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Persiapan terkait akomodasi adalah telah dilakukannya perjanjian kontrak dengan 21 hotel untuk dapat menyediakan sekitar empat ribu kamar untuk delegasi, 89 tempat untuk ruang pertemuan, hampir enam ratus ruang kantor, dan 55 pusat bisnis. Diperkirakan ada sekitar 15 ribu orang yang akan hadir pada acara ini.

Juga akan disediakan kendaraan sedan bagi ketua delegasi serta sekitar 250 bus yang akan digunakan sebagai angkutan antar tempat selama Pertemuan Tahunan. Untuk keamanan, semua kendaraan yang memasuki daerah Nusa Dua akan diminta stiker khusus.

Beberapa rencana untuk situasi darurat juga telah direncanakan dan telah didiskusikan dengan IMF – Wold Bank. Termasuk proses persiapan nasional untuk membuat rencana evakuasi bila terjadi peristiwa seperti letusan, gempa bumi, dan tsunami.

Terkait layanan kesehatan, telah disiapkan berbagai fasilitas medis, termasuk klinik di tempat, klinik satelit, dan rumah sakit rujukan, termasuk semua peralatan dan personel yang diperluka. Semuanya telah dipersiapkan dengan maksimal.

Pemerintah juga telah menyiapkan paket wisata bagi delegasi atau jurnalis yang berencana akan membawa keluarga mereka ke Bali. Direncanakan ada tiga paket kunjungan dan kegiatan budaya dengan kapasitas untuk maksimum 600 pasangan dan 100 jurnalis.

Untuk memperkenalkan budaya Indonesia, akan diadakan acara ramah tamah dengan memberikan kesempatan bagi para peserta Pertemuan Tahunan untuk mengalami beberapa warisan budaya Indonesia dalam bentuk Festival Makanan Indonesia, Pertunjukan Budaya, dan Paviliun Indonesia. Di sana peserta dapat melihat beberapa pameran seni dan kerajinan, pameran pariwisata, serta beberapa informasi tentang perkembangan pembangunan Indonesia saat ini terutama yang berhubungan dengan infrastruktur.

Pemerintah akan mengoptimalkan acara ini untuk memperkenalkan budaya, pariwisata dan berbagai informasi lain tentang Indonesia, sehingga diharapkan delegasi yang hadir akan mempunyai kesan yang mendalam tentang Indonesia dan mengajak para investor maupun wisatawan untuk datang ke negara kita.

4. Sri Mulyani Indrawati menayangkan siaran langsung.19 April pukul 22:33


Kamis pagi hari waktu Washington DC 10 April 2018 saya menjadi salah satu panelis dalam seminar The New Climate Economy Event: Invitation to attend the 2018 Summit of the Global Commission on Economy and Climate di American Institute for Architects, Washington DC.

Bertindak sebagai moderator adalah Paul Polman (CEO of Unilever), dan panelis lainnya adalah: Governor Mark Carney (Bank of England), Minister Catherine McKenna (Canada), Angel Gurria (OECD), Mayor Michael Bloomberg dan Sharan Burrow (General Secretary of ITUC).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Sri Mulyani Indrawati menayangkan siaran langsung. 21 April pukul 3:38.

Kamis sore tanggal 20 April 2018 waktu Washington DC, saya memberikan opening speech dalam seminar Towards Universal Health Coverage: Tackling the Health Financing Crisis to End Poverty.

Dalam rangkaian acara pertemuan musim semi World Bank ini, yang menjadi panelis adalah Dirjen WHO Tedros A Ghebreyesus, Presiden Estonia Kersti Kaljulaid, Deputi PM Papua New Guinea Charles Abel, Menteri Keuangan Mesir Amr El-Garhy, Menteri Keuangan Guatemala Julio H Estrada, Menteri Keuangan Congo Henri Yav Mulang dan Profesor Harvard University Micahel Reich. Bertindak selaku moderator adalah Ralitsa Vassileva, mantan CNN anchor.

6. Sri Mulyani Indrawati, 21 April pukul 7:21.

Saya ingin mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan di Indonesia.

7. Sri Mulyani Indrawati, 22 April pukul 0:51.

Dalam rangka mempromosikan acara Annual Meeting IMF - World Bank 2018 yang akan diadakan di Bali, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia mendirikan booth promosi yang berisi karya seni dan budaya Indonesia. Promosi ini masih dalam rangkaian acara Spring Meeting IMF-World Bank 2018 di Washington DC.

Saya bersama Ketua Panitia Nasional Annual Meeting IMF - World Bank 2018 yang juga Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menerima kunjungan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Dia menyatakan kepada media yang menemuinya bahwa Bali adalah tempat yang indah dan berharap bisa bertemu Anda semua di sana.

Washington DC, 20 April 2018

8. Sri Mulyani Indrawati, 24 April pukul 2:13

Saya telah menghadiri Spring Meetings 2018 yang diselenggarakan oleh IMF dan World Bank Group di Washington DC, dalam video ini saya bercerita apa saja yang dilakukan delegasi Indonesia terutama Kementerian Keuangan dalam kegiatan ini.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah event serupa Oktober nanti, yaitu IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah menunjukkan tingginya kepercayaan dunia Internasional terhadap Indonesia. Menjadi tuan rumah Annual Meetings 2018 merupakan momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kemajuan ekonomi, dan leadership serta komitmen Indonesia dalam penanganan isu-isu global.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini