Share

Tips Mudah Sarapan, Susu dan 3 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 26 April 2018 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 26 298 1891605 tips-mudah-sarapan-susu-dan-3-makanan-ini-bisa-jadi-alternatif-vTDbwKfepM.jpg Ilustrasi susu (Foto: Shutterstock)
A A A

SARAPAN merupakan makanan terpenting yang menjadi sumber energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun karena alasan keterbatasan waktu, sebagian orang mengaku kerap melewatkan sarapan pagi dan memilih untuk menyantap makanan berporsi besar saat jam makan siang tiba.

Namun tidak sedikit pula yang memilih roti sebagai menu sarapan sebelum memulai aktivitas. Hal ini cukup disayangkan oleh nutrisionis muda Alvin Hartanto. Menurutnya, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan hal tersebut tidak bisa didapatkan hanya dengan menyantap roti saja.

“Kesalahan umum yang sering terjadi, banyak orang yang hanya mengonsumsi roti sebagai menu sarapan mereka. Roti kan hanya mengandung karbohidrat saja yang tinggi, sedangkan menu sarapan ideal itu harus ada kombinasi karbohidrat dan protein,” tutur Alvin pada peluncuran Frisian Flag Kacang hijau, di Kantorkuu CoWorking Space, Jakarta Selatan, Rabu 25 April 2018.

 (Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

Lebih lanjut Alvin mengatakan, sebetulnya ada salah satu menu sarapan praktis dan mengandung banyak nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah susu. Minuman ini dipercaya memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi untuk beraktivitas.

 

(Foto: Shutterstock)

“Minum segelas susu sebetulnya sudah cukup. Apalagi jika olahan susu ditambahkan beberapa bahan pelengkap seperti ekstra kacang hijau yang kaya akan protein nabati. Tapi kalau masih ingin mengonsumsi roti, mungkin asupan proteinnya bisa didapatkan dari telur,” imbuhnya.

 (Baca Juga: Cerita-Cerita Lucu Tentang Mualaf Amerika yang Baru Masuk Islam)

Alvin juga sempat menuturkan beberapa alternatif pengganti karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Contohnya, oatmeal, sereal, nasi merah, dan lain sebagainya.

Sementara untuk pemilihan susu, ia menjelaskan bahwa susu memiliki sejumlah variasi dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya susu full cream dan low fat (rendah lemak). Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu rendah lemak, mengingat susu ini memiliki kandungan lemak yang lebih baik, namun sedikit mengandung gula. Sementara susu full cream biasanya memiliki kandungan gula, tapi kadar kalorinya cukup tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini