Share

Eksotisnya Air Terjun Busa Bondowoso, Bercampur Belerang Kawah Ijen

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 00:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 26 406 1891508 eksotisnya-air-terjun-busa-bondowoso-bercampur-belerang-kawah-ijen-djcjbD56xt.JPG Air Terjun Busa (Foto: Instagram Local_trip)

BILA mendengar tentang Bondowoso mungkin yang langsung Anda ingat adalah legenda Candi Prambanan.

Dalam legenda tersebut diceritakan jika Bandung Bondowoso tidak berhasil memenuhi permintaan gadis pujaan hatinya, Roro Jonggrang untuk membuat 1000 candi dalam waktu satu malam. Namun kali ini bukan legenda tersebut yang akan dibahas.

Kali ini Okezone akan membahas mengenai Bondowoso sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur. Tahukah Anda bila di kabupaten tersebut terdapat objek wisata yang sangat indah? Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Busa.

Sesuai dengan namanya, air terjun yang berada di Kalianyar, Sempol ini memiliki keunikan dimana air belerang yang jatuh dari ketinggian tebing terlihat seperti gumpalan busa.

Hal itu dikarenakan air yang berasal dari Danau Kawah Ijen tersebut tercampur dengan belerang. Tak sedikit wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat langsung fenomena yang tidak biasa itu.

(Foto/Instagram Ayularinda)

Namun tak seperti air terjun pada umumnya, di dasar tebing tidak ada kolam yang bisa digunakan untuk bermain air. Selain itu wisatawan juga tidak disarankan untuk membilas tubuh dengan air terjun yang tercampur belerang karena bisa membuat mata dan luka terasa perih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Walau begitu, wisatawan tetap bisa menikmati eksotisnya tebing air terjun. Belum lagi pemandangan alam di sekitarnya yang memanjakan mata.

(Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

Beberapa area juga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai spot foto karena latar belakangnya yang menawan. Selain itu, banyak wisatawan yang datang ke air terjun ini bersama keluarga untuk menghabiskan waktu dengan berkumpul.

Ya, kawasan air terjun memang terbilang cukup luas. Fasilitas yang dapat ditemukan wisatawan di objek wisata tersebut antara lain warung makan, toilet umum, dan area parkir.

(Foto: ThisisIndonesia)

Untuk masuk ke air terjun ini pun biayanya cukup terjangkau. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Air Terjun Busa, ambillah rute menuju Kawah Ijen dari Bondowoso.

(Baca Juga: Cerita-Cerita Lucu Tentang Mualaf Amerika yang Baru Masuk Islam)

Air terjun berada di kawasan Afdeling Watu Capil, posisinya cukup tersembunyi di balik permukiman warga namun terlacak oleh aplikasi peta di ponsel. Sesampainya di kawasan air terjun, wisatawan perlu berjalan kira-kira satu kilometer. Jangan lupa untuk membawa masker bila tidak tahan menyium aroma belerang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini