Share

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menyebabkan Varises!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 13:42 WIB
$detail['images_title']
Menyilangkan kaki dapat memicu varises (Foto: Bustle)

FAKTOR genetik, usia, dan perubahan pada tubuh misalnya kehamilan pada dasarnya dapat memicu untuk timbulnya varises. Namun selain faktor-faktor tersebut, terkadang kita lupa bahwa ada sederet kebiasaan dalam gaya hidup yang kita jalani juga bisa menjadi penyebab mengapa muncul apa yang dinamakan varicose veins alias varises tersebut.

Sebagaimana disitat Bustle, Kamis (26/4/2018) disebutkan oleh Dr. Adam S. Gropper, MD, medical director North Beach Vascular & Aesthetics, varises ini pada spektrum masalah medis dari skala ringan hingga parah, cenderung lebih ke arah ringan. Terkadang bisa menggumpal atau terasa sakit, dan sering dikaitkan dengan skin discoloration (perubahan warna kulit) sampai bisa juga berdarah.

Walau termasuk spektrum yang ringan, varises ini bisa menimbulkan masalah yang agak berat jika tidak diobati misalnya seperti borok kaki yang tidak akan sembuh. Well, varises sendiri disebutkan tidak selalu bisa dicegah, namun ada beberapa kebiasaan yang mungkin Anda bisa hindari untuk membuat resiko diri terkena varises jadi lebih kecil.

Apa saja kebiasaan yang terkadang tidak kita sadari ternyata jadi penyebab varises? Berikut uraiannya.

1. Berdiri untuk waktu yang lama

Kebiasaan berdiri dalam waktu yang lama kadang tidak terhindarkan, terlebih lagi ketika memiliki pekerjaan yang sehari-harinya menuntut posisi berdiri dalam waktu lama, contohnya teller bank, kasir, atau guru. Posisi berdiri statis ini disebutkan dikaitkan dengan perkembangan varises. Agar tidak terlalu" statis "atau kaku, cobalah untuk berjalan lebih sering sepanjang hari atau jika memungkinkan, ambil waktu istirahat untuk duduk.

2. Menyilangkan kaki 

Pernah dengar rumor bahwa kebiasaan menyilangkan kaki dapat memicu varises? Well, rumor ini bisa dibilang setengah benar, Adam menyebutkan ada beberapa beberapa bukti bahwa menyilangkan kaki dapat menyebabkan spider veins, saudara termuda dari varicose veins.

(Baca Juga: Jelang Ramadan, Awkarin Ubah Tampilan dengan Mengenakan Hijab, Cantik Deh!)

Hal ini berkat adanya tekanan yang diberikan posisi pada kaki dan pinggul, yang mana dapat menyebabkan vena mengotori darah, dan dengan demikian hasilnya menjadi lebih terlihat.

3. Berkegiatan sepanjang hari dengan posisi duduk

Sama halnya dengan berdiri sepanjang hari yang juga tidak sehat, begitu juga dengan posisi duduk sepanjang hari. Dikatakan oleh Dr. Kurtis Kim, ahli bedah vaskular di Mercy Medical Center, ketika kita dalam posisi duduk yang terlalu lama, gravitasi dapat menyebabkan darah menggenang di kaki.

(Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

Tanpa bantuan dari kontraksi otot untuk memompa darah itu kembali ke atas inilah varises dapat terbentuk. Jadi, pekerja kantoran harus hati-hati ya, sempatkan untuk berdiri, bergerak dan berjalan.

4. Terlalu cepat saat mencukur

Saat mengaplikasikan skincare di wajah kita pasti tidak terburu-buru kan? Begitu juga semestinya yang dilakukan saat rutinitas mencukur. Terburu-buru saat mencukur dapat mengakibatkan terjadinya luka.

Nah jika terjadinya banyak luka inilah yang bisa mengganggu sirkulasi darah di area kaki dan akan memberi banyak tekanan pada pembuluh darah untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya juga kita mencukur tidak dengan arah sirkulasi darah, yang merupakan salah satu alasan utama hadirnya varises.

5. Lupa eksfoliasi dan melembapkan kaki

Pemakaian lotion sendiri memang tidak akan mencegah varises, tapi gerakan menggosoknya dapat membantu loh! Ketika kita melembapkan dan melakukan eksfoliasi kaki secara teratur, maka teknisnya kaki akan menerima gerakan pijatan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Mengabaikan kebiasaan sederhana ini, akhirnya dapat membuat pembuluh darah menjadi ‘malas’. Sehingga ahirnya darah menjadi tertinggal lama sama ketika Anda berada di posisi duduk dalam waktu yang lama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)