Share

Penderita 4 Penyakit Ini, Sebaiknya Cek Kesehatan Dulu Sebelum Ramadan Tiba

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 15:28 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Salah satunya mempersiapkan kesehatan agar puasa berjalan lancar dan mendapatkan manfaatnya.

Bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan, dianjurkan untuk check up sebelum menjalankan puasa. Hal ini berlaku bagi pasien diabetes mellitus, darah tinggi, kolesterol tinggi dan asam urat tinggi.

Baca Juga: Mengenal Desa Leluhur Jokowi, Konon Katanya di Sana Tersimpan Harta Karun

"Juga dengan pasien gangguan asam lambung, seperti mag serta GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Pasien penyakit ini dianjurkan untuk berobat terlebih dahulu agar asam lambungnya terkontrol saat puasa," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Sementara, puasa kerap menjadi alasan penderita mag untuk tidak menjalankannya. Terkait hal ini, dr Ari menekankan bahwa puasa baik untuk kesehatan, termasuk bagi penderita mag. "Justru lebik baik," tegasnya.

Selain itu, persiapan lain yang perlu dilakukan sebelum menjalankan puasa Ramadan adalah menjaga stamina, konsumsi gizi seimbang dan rutin beraktvitas fisik.

Baca Juga: Semasa Hidupnya, DJ Avicii Pernah Akui Andalkan Alkohol dan Makanan Bandara Gratis

"Sebenarnya sama saja, nggak puasa pun kita tetap harus menjaga kesehatan. Saya sering mengatakan dengan pola Cerdik itu," ujar dr Lily S. Sulistyowati, MM.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)