Share

Mengenal Pintxo dan Kalimotxo, Tradisi Kuliner Unik di Spanyol Jelang Derby Basque

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Jum'at 27 April 2018 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 27 298 1892222 mengenal-pintxo-dan-kalimotxo-tradisi-kuliner-unik-di-spanyol-jelang-derby-basque-tFGn9YMo3x.jpg Pintxo, makanan yang menjadi tradisi jelang Derbi Basque (Foto: Thetravelista)
A A A

OLAHRAGA dan makanan merupakan kombinasi yang pas dan saling melengkapi satu sama lain. Setiap negara bahkan memiliki cara tersendiri untuk mengaitkan hal tersebut hingga menjadi sebuah pasangan yang sempurna. Contohnya, ada yang menjadikan nachos dan bir sebagai teman menontong pertandingan, ada juga yang menyuguhkan kacang kulit dan secangkir kopi seperti yang kerap dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Namun bagi penggemar LaLiga di Negeri Basque yang terletak di utara Spanyol, hidangan yang disajikan untuk menonton pra-pertandingan sangatlah unik. Mereka biasanya akan menyuguhkan pintxo, yaitu sepotong roti yang ditumpuk dengan daging, ikan, sayuran, atau keju yang ditusuk dengan tongkat kayu kecil seperti tusuk gigi.

 

(Foto: Cntraveler)

Makanan tersebut disajikan di bar dan para pelanggan dapat memilih isi pintxo sesuai selera masing-masing. Di dunia kuliner, pintxo ternyata dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang kompetitif. Para pemilik bar di seluruh Negeri Basque menyatakan bahwa hidangan mereka adalah yang terbaik.

 (Baca Juga: Makan Malam Semakin Lahap dengan Sajian Sate Kelapa Daging dan Sate Pentul Khas Betawi)

Pada kenyataannya, memang sangat sulit untuk menentukan pintxo mana yang terbaik, tetapi satu hal yang pasti, pintxo terbaik dapat ditemukan di beberapa bar di San Sebastian, Ibu Kota Provinsi Guipuzcia, dan Bilbao, Ibu Kota Provinsi Vizcaya.

Ada beberapa bar berkualitas yang beroperasi di kedua kota tersebut, dari deretan bar pintxo di Calle 31 de Agosto dan Calle San Marcial, di San Sebastian hingga bar-bar pinxto di alun-alun kota tua Plaza Nueva di Bilbao. Namun salah satu tempat terbaik untuk menikmati pintxo berada di dekat stadion sepakbola Anoeta, yaitu kandang Real Sociedad dan San Mames, stadion milik Athletic Club Bilbao.

  (Baca Juga: Kapal Pesiar Ini Punya Sirkuit Go-Kart dan Perosotan Air yang Menegangkan)

Di Bilbao, jalan Calle Pozas hingga ke stadion menjadi pusat di mana para pendukung menghabiskan waktu berjam-jam sebelum pertandingan untuk makan dan minum serta bersosialisasi dengan para fans dari klub pendatang, sehingga tercipta suasana persahabatan yang akrab.

Di San Sebastian, tempat digelarnya laga antara Real Sociedad dan Athletic Club pada Sabtu malam nanti, para penggemar akan berkumpul di Avenida de Madrid untuk menikmati satu atau dua buah pintxo. Tentu saja bir menjadi salah satu pilihan minuman ketika menyantap pintxo.

 

(Foto: winemag)

Namun ada juga minuman yang lebih populer di Bosque, yaitu kalimotxo. Minuman ini terbuat dari campuran cola dan anggur merah. Cara unik penduduk Basque untuk menikmati pintxo dan kalimotxo sebelum pertandingan merupakan kebiasaan yang sangat berbeda dibandingkan dengan kota-kota lain yang pada umumnya hanya menyantap sepiring nacho dan sebotol bir sebagai teman untuk menonton tim favorit mereka.

Pertandingan antara Real Sociedad dan Athletic Club akan berlangsung pada 28 April 2018 pukul 21. 15 WIB. Demikian disarikan dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (27/4/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini