Share

Indahnya Batik Kabupaten Batang yang Dibuat dengan Teknik Kuno

Sarah Hutagaol, Okezone · Kamis 03 Mei 2018 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 02 194 1893779 indahnya-batik-kabupaten-batang-yang-dibuat-dengan-teknik-kuno-zcgMTFxWJ7.jpg Seorang pembatik menggunakan teknik kuno untuk hasilnya batik khas Batang (Foto: Sarah/Okezone)
A A A

BATIK memang sudah menjadi salah satu ciri khas pakaian dari Tanah Air. Berbagai wilayah di Indonesia menghasilkan batik dengan motif yang berbeda-beda, salah satunya adalah kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Tidak kalah dengan Pekalongan, Kabupaten Batang pun menghasilkan kain batik yang juga indah, seperti yang dihasilkan oleh Batik Rifaiyah di Desa Kalipucang Wetan. Selaku penasehat di komunitas tempat penghasil batik tersebut, Miftakhutin menjelaskan bahwa teknik membatik di sana masih menggunakan cara yang kuno, yakni masih dengan cara ditulis secara manual.

"Batik ini masih menggunakan teknik-teknik kuno. Jadi kita masih menggunakan teknik seperti awal kita diajarin dulu. Tekniknya masih sama, motifnya sama, pewarnaannya juga sama," ujar Miftakhutin saat ditemui di Galeri Batik Rifaiyah, Batang, Jawa Tengah, Rabu, 2 Mei 2018.

(Foto: Sarah/Okezone)

 (Baca Juga: Cantik dan Stylish, 5 Ilmuwan Perempuan Ini Bikin Pria Klepek-Klepek)

Komunitas penghasil batik yang didirikan sejak 2012 ini telah mempunyai 24 jenis motif batik yang tidak pernah berubah. Namun, di masa sekarang mengalami penambahan motif lantaran permintaan pasar yang mulai beragam.

"Batik ini punya pakem, punya motif 24 yang tidak pernah diubah-ubah. Tetapi pada era-era selanjutnya ada penambahan, karena dilihat dari permintaan pasar," paparnya.

Batik Rifaiyah juga mempunyai warna serta motif yang dominan dihasilkan, yaitu warna merah, biru dan coklat. Ketiga warna tersebut pun berasal dari berbagai daerah.

(Foto: Sarah/Okezone)

  (Baca Juga: Ini Rahasia Scarlett Johansson Demi Dapatkan Tubuh Ideal)

"Merah, biru, cokelat. Merah ke arah Tiongkok, coklat itu ke Mataraman, yaitu Yogyakarta dan Solo. Kalau biru itu pesisir, Lasem sampai Cirebon itu. Jadi Batik Rifaiyah batik multikultur," jelas Miftakhutin.

Harga satu helai kain di Galeri Batik Rifaiyah, Desa Kalipucang Wetan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini dibanderol mulai dari harga Rp350 ribu sampai yang termahal senilai Rp3.5 juta. Jika Anda tengah berlibur ke Batang, batik-batik dengan motif indah ini bisa menjadi oleh-oleh yang berkualitas untuk sanak saudara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini