Share

Ini Makanan Kesukaan Para Pemimpin Indonesia, Presiden Jokowi Doyan Apa Ya?

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 03 Mei 2018 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 03 298 1893954 ini-makanan-kesukaan-para-pemimpin-indonesia-presiden-jokowi-doyan-apa-ya-x8qm6hwgk4.jpg Presiden Jokowi. (Foto: ANT)
A A A

BANGSA yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Begitulah pidato Presiden Indonesia pertama Ir Soekarno pada 10 November 1961. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebuah bangsa menghargai dan menghormati pemimpinnya.

Tapi, kita tidak akan membahas seperti apa perjuangan yang mereka lakukan untuk membesarkan negara ini. Kali ini, Okezone akan membahas makanan dari para pemimpin negara ini.

Apakah Anda penasaran dengan makanan favorit dari setiap pemimpin bangsa ini? Jika iya, Okezone berhasil mendapatkan fakta-fakta menarik ini dari Pemilik rumah makan Resto Teras Istana Harry Kiss.

Baca Juga: Cantik dan Stylish, 5 Ilmuwan Perempuan Ini Bikin Pria Klepek-Klepek


Image result for habibie, okezone

Dijelaskan Harry, para pemimpin negara ini sudah sejak dulu itu memiliki semangat kekeluargaannya yang luar biasa. Mereka menganggap orang yang bekerja kepada mereka adalah keluarganya, dan tidak sedikit yang membuatkan para pemimpin tersebut makanan dan akhirnya menjadi makanan favorit mereka.

Berdasarkan beberapa sumber yang Harry terima, berikut beberapa sang pemimpin dan makanan favoritnya.

"Jika bicara mengenai Panglima Besar Jenderal Soedirman, tahu tidak kalau ternyata dia menyukai makanan yang bermana Sego Walang," seperti yang diungkapkan Cucu Soedirman Ganang pada Harry, Rabu (2/5/2018).

Image result for megawati, okezone

Sementara untuk Soekarno. Menurut Harry, ternyata presiden pertama Indonesia itu sangat menyukai sayur lodeh, sayur asem, dan nasi jagung khas istana merdeka.

Kemudian wakilnya, Mohammad Hatta, menyukai setup jambu merah, sayur bening bayam jagung, dan selada padang. Ada lagi makanan lain yang disukai Bung Hatta, sambung Harry, yaitu gulai pakis yang langsung dibuat oleh Fatmawati.

"Jadi, menurut Halida Hatta, anak Bung Hatta, bapak itu suka sekali gulai pakis buatan ibu Fatmawati dan biasanya makanan itu langsung dikirimkan ke rumah bapak (Bung Hatta)," tutur Harry.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara untuk Presiden Soeharto, Harry menuturkan dia sangat menyukai sayur lodeh buatan istrinya, ibu Tien Soeharto. Bukan itu saja, Soeharto juga menyukai arem-arem buatan Lien Soekartono, yang biasanya dijadikan sebagai bekal saat dia bepergian dengan pesawat terbang. Sementara itu, Ibu Tien menyukai makanan bernama Gadon.

Bagaimana dengan Habibie? Ternyata, sosok genius itu ketika di istana sering sekali memesan ayam goreng dan jus terong belanda campur sirsak sebagai minuman kegemarannya.

"Kalian perlu tahu nih, ternyata pak Habibie tidak suka durian, lho! Lalu, istrinya, Ainun, ternyata tidak menyukai makanan mentah atau setengah matang seperti sashimi," papar Harry menceritakan curhatan Ilham Habibie.Image result for sby, okezone

Selanjutnya, Gus Dur ternyata menyukai dendeng batothok, gulai otak sapi, dan gulai limpa. Sedangkan Presiden Wanita pertama, Megawati Soekarno Putri, ternyata menyukai ikan bakar khas Gianyar dan bothok mlanding.

Harry melanjutkan, untuk makanan kegemaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah tahu pong, nasi goreng ala SBY, dan krupuk kampung serta kerupuk gado-gado merah yang sudah agak mlempem.

Lalu, apa makanan kesukaan presiden Joko Widodo (Jokowi)? Ternyata beliau menyukai makanan apapun yang disukai tamu kenegaraannya. "Tapi, kalau spesifik, saat ke Solo, Jokowi biasa menyantap sate buntel dan sate kere dari Solo," tambahnya.

Kenakan Batik Coklat, Presiden Jokowi Buka Musrenbangnas RKP 2019

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini