Share

Riset: Paparan Cahaya Lampu Ternyata Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Sindonews, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 11:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. Foto: Abbtakk

JAKARTA - Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environmental Health Perspectives menyebutkan bahwa paparan cahaya lampu dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, risiko ini hanya berlaku pada perokok dan mantan perokok.

Perempuan yang bekerja shift malam berisiko tinggi pada pengaruh cahaya luar ruangan di malam hari. Para peneliti melakukan riset berdasarkan temuannya pada hipotesis tentang melatonin, salah satu hormon yang mengatur pola tidur.

Dilansir dari NY Daily News, penurunan kadar melatonin dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis 110.000 data responden dalam Nurse's Health Study II antara tahun 1989—2013.

Foto: Boldsky

Kadar iluminasi luar ruangan didasarkan pada informasi satelit. Sementara, hasil penelitian menunjukkan paparan cahaya buatan malam hari dapat mempengaruhi produksi melatonin. Hal yang sama juga ditemukan pada paparan racun rokok.

[Baca Juga: Ini Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker Mematikan]

"Kami berteori bahwa kadar melatonin terlibat," ungkap salah satu peneliti, Peter James dari Harvard Medical School.

[Baca Juga: Kanker Payudara, Jangan Tunggu Stadium 4 Baru Berobat]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)