Share

Pengen Ngerasain Jadi Masyarakat Desa? Mainlah ke Pereng

krjogja.com, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 07 406 1895319 pengen-ngerasain-jadi-masyarakat-desa-mainlah-ke-pereng-Gfrf31FaUs.jpg Foto diambil dari krjogja.com

INGIN menikmati alam pedesaan, dan melihat bagaimana cara membuat gula merah atau gula jawa? Anda bisa mengunjungi Objek Wisata Pereng di Desa dan Kecamatan Cilongok, Banyumas atau 16 kilometer sebelah barat Kota Purwokerto.

Di objek wisata seluas 3 hektare, ada dua embung yang masing masing masing seluas 0,5 hektare, yang dilengkapi kolam renang, waterboom. waterpark.

"Di lokasi ini juga sedang dibangun wisata edukasi cara pembuatan gula merah, atau gula jawa yang dimulai dari mengambil nira di pohon kelapa, hingga proses pembuatan hingga jadi," kata Musbichun pengelola dan pemilik objek wisata Pereng kepada KRJOGJA.com.

Baca Juga: Intip Gaya Kekasih Bule Cucu Soeharto saat Kenakan Kebaya

Menurutnya lahan yang disiapkan untuk wisata edukasi pembuatan gula merah atau jawa seluas satu hektare yang saat ini masih ditumbuhi ratusan pohon kelapa untuk diambil niranya. Dijelaskan alasan kenapa ada wisata edukasi pembuatan gula merah, karena 80 persen penduduk Kecamatan Cilongok berprofesi sebagai petani gula merah.

Selain wisata edukasi pembuatan gula merah, di objek wisata ini juga dilengkapi taman, lokasi outbond, dua embung yang dilengkapi sepeda air, dan perahu dan kolam renang.

Baca Juga: Inilah 5 Wajah Pria Paling Tampan di Dunia yang Pesonanya Tak Pernah Luntur

Karena lokasi di desa, maka nuansa alam pedesaan masih alami, sehingga terasa sejuk dan indah. Selain itu di taman juga ada dilengkapi becak kecil yang diperuntukan untuk anak anak, sedang disekililingnya dilengkap rumah joglo dan gasebo untuk istirahat dan duduk wisatawan.

Tiket masuknyapun sangat terjangkau hanya Rp5 ribu. Guna memanjakan wisatawan yang datang ke lokasi ini juga makanan khas Banyumas, seperti mendoan, nasil pecel, tiwul, dan getuk.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini