Share

Film Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi di Festival Film Slovakia

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 08 206 1895818 film-indonesia-raih-penghargaan-bergengsi-di-festival-film-slowakia-YGjORHSFhy.jpg Film Aquiescence (Foto: Instagram)
A A A

JAKARTA - Industri film Indonesia makin berkembang. Belakangan film-film Indonesia telah banyak tembus pasar Asia dan banyak yang mengikuti festival film luar negeri.

Dari Antaranews, film Aquiescence garapan Fierrany Halita dari Indonesia memenangkan hadiah utama untuk kategori F-Kids (Anak-anak) dalam International Festival of Sustainable Development Film (EkotopFilm/EnviroFilm) yang digelar di kantor walikota Bratislava, Slovakia.

Penghargaan kepada pemenang untuk kategori ini diberikan Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Riset dan Olah Raga Republik Slovakia, demikian Counsellor Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani kepada Antara London, Senin.


(Baca Juga: Soal Nafkah Rp400 Juta dari Dipo Latief, Nikita Mirzani: Itu Keceplosan)

(Baca Juga: Eksentrik, Gaya Rihanna di Met Gala 2018)

Penghargaan untuk Film Indonesia diterima Dubes RI untuk Slovakia, Adiyatwidi Adiwoso mewakili Fierrany Halita yang tidak dapat hadir dalam acara penganugerahan tersebut. Namun pada kesempatan tersebut ditayangkan rekaman Fieranny yang menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut.

Menurut Fierrany, ia tidak menyangka karyanya mendapatkan penghargaan utama. Film ini adalah karya pertama dari tugas akhirnya sebagai siswa Visual Communication Design Animation di Universitas Binus.

Film Aquiescence, adalah film animasi pendek bertema lingkungan. Tidak seperti film-film animasi pada umumnya, dimana peran karakter lebih aktif, tetapi dalam film ini dibuat pasif dan lingkungannya dibuat aktif. Film ini menceritakan tentang pohon beringin bernama 'Fig' yang menjadi saksi dari serangkaian peristiwa yang terjadi di sekitarnya yang selalu berubah setiap saat.


Ekotop Film/Enviro Film berlangsung selama 44 tahun dan menjadi festival film terbesar di Slovakia. Selain itu, festival film ini secara khusus bertemakan tentang kelestarian lingkungan. Untuk tahun ini, panitia menerima 1.300 film dari berbagai negara dan hanya 86 film yang dapat masuk dalam kompetisi.

Penghargaan yang diberikan pada ajang Film Festival Internasional terdiri dari 7 kategori yaitu kategori Explore Nature, Nature and Natural Science, Success Stories, Current Stories, Shorts, Features: Sustainability and Us, Kids dan Short films. Perolehan penghargaan tersebut menjadi yang pertama kalinya bagi Indonesia di ajang film festival ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini