Share

Ketahui 10 Jenis Diet dari yang Ringan hingga 'Menyiksa', Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Okezone · Rabu 09 Mei 2018 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 08 298 1895953 ketahui-10-jenis-diet-dari-yang-ringan-hingga-menyiksa-apa-saja-0fruMWKpUP.jpg Ilustrasi (Foto: Glamourmagazine)
A A A

DIET menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang untuk memiliki berat tubuh yang ideal. Dengan diet, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa lebih terkontrol sehingga tidak membuat tubuh menjadi 'melar'.

Rupanya, diet memiliki bermacam-macam rupa. Setiap jenis diet memiliki nama yang unik serta gizi tertentu yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Dilansir Glamourmagazine, Selasa (8/5/2018), berikut ini jenis diet yang dicari orang-orang di Google.

Diet Paleo

Nama Paleo Diet memiliki hubungan erat dengan era Paleolitik, di mana diet yang dilakukan oleh manusia yang hidup di gua. Tidak perlu khawatir Anda berburu seperti manusia purba, tetapi Anda harus siap untuk makan dengan kandungan protein dan buah-buahan. Dengan demikian, Anda harus menjauhi gula, susu, beberapa sayuran dan makanan olahan.

 

Baca juga: 4 Ilmuwan Dunia yang Masuk Islam karena Riset Ilmiah Mereka

Low Carb

Low Carb Diet atau Diet Karbohidrat Rendah, seperti namanya, maka diet ini tentang mengurangi konsumsi karbohidrat dan memfokuskan diet Anda dalam protein, lemak dan sayuran yang baik.

Baca juga: Pesona Mohamed Salah di Luar Lapangan, Baca Alquran di Pesawat Salah Satunya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

FODMAP

Awalnya diperkenalkan sebagai pengobatan untuk penderita gangguan usus atau IBS, diet FODMAP telah digunakan sebagai dasar untuk banyak jenis diet lainnya, seperti diet untuk kesehatan usus.

 

Dengan mengendalikan asupan karbohidrat dan gula alkohol spesifik, tubuh Anda memungkinkan untuk detoksifikasi alami dan akhirnya Anda merasa lebih ringan.

Flexitarian

Jika Anda belum siap untuk meninggalkan memakan daging, lihatlah diet fleksibel ini. Ini berfokus pada diet vegetarian terutama dengan mengurangi asupan daging tetapi tidak meninggalkan sepenuhnya. Kabarnya, ini adalah pilihan gaya hidup yang sangat populer dan yang sedang naik daun.

Mediterranean

Mediterranean tidak hanya diet sederhana, tetapi juga terbukti selama beberapa dekade bisa mendukung menurunkan berat badan. Selain itu, diet ini dianggap mengarahkan seseorang pada kesehatan tubuh seumur hidup.

DASH

Dash kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi. Berdasarkan kebutuhan kalori, diet ini mengajari Anda bagaimana makan untuk hidup yang lebih sehat.

Pada diet ini, tidak ada kelompok makanan yang dijauhi dan tidak ada puasa. Dengan kata lain, diet ini membuat Anda tidak akan lapar dan tidak murung karena kelaparan.

Diet Kesehatan Usus

Diet untuk rencana kesehatan usus ini bertujuan menyelaraskan kembali bakteri dan mikroba dalam usus Anda, yakni dengan cara menghapus dan memperkenalkan kelompok makanan tertentu ke dalam diet Anda untuk menyembuhkan IBS, usus bocor dan kembung. Kabarnya, diet ini dipercaya menyehatkan kulit.

Diet 16:8

Diet 16:8 memungkinkan Anda mengatur jam makan. Jam makan akan diatur dalam periode delapan jam dan selebihnya berpuasa. Tampak sederhana, namun nyatanya diet ini memerlukan kesungguhan dan kedisiplinan.

Diet Vegetarian

Menjadi vegetarian lebih merupakan gaya hidup daripada diet, tetapi mungkin ini bisa Anda coba selama beberapa minggu. Ada manfaat kesehatan yang besar, karena diet ini dikatikan dengan tingkat kolesterol yang lebih rendah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Diet Vegan

Apabila Anda menginginkan satu langkah lebih jauh ketimbang diet vegetarian, maka Anda bisa mencoba diet vegan. Vegan berarti tidak memakan atau menggunakan produk hewani dalam bentuk apapun.

Tidak ada daging, unggas, ikan, produk susu, telur, madu atau produk lebah lainnya. Studi menunjukkan vegan memiliki tekanan darah rendah dan kolesterol, tidak membuat gemuk, serta risiko kecil untuk meninggal akibat kanker dan penyakit jantung.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini