Share

Hati-Hati, Memanaskan Makanan Pakai Wadah Plastik di Microwave Picu Kanker

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 17:35 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Microwaves. (Foto: Shutterstock)

PARA ilmuwan telah menemukan bahwa memanaskan makanan dalam wadah plastik di microwave oven dapat membuat Anda diabetes, obesitas, dan kanker. Bahkan, memanaskan makanan dalam wadah plastik akan membuat bayi Anda yang belum lahir berisiko mengalami infertilitas.

Melansir thehealthsite, Rabu (9/5/2018), memanaskan wadah plastik di microwave akan melepaskan 95 persen dari semua bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bahan kimia yang paling berbahaya dalam wadah plastik adalah bisphenol A, umumnya dikenal sebagai BPA, dan phthalate.

Ahli IVF Rumah Sakit Indira IVF, New Delhi, Dr Nitasha Gupta, mengatakan bahwa BPA yang kita konsumsi masuk ke dalam aliran darah, dan dapat menyebabkan serangkaian masalah seperti infertilitas, perubahan hormonal, perubahan dalam sifat-sifat gender dan bahkan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: 4 Ilmuwan Dunia yang Masuk Islam karena Riset Ilmiah Mereka


Image result for cancer, reuters

(Foto: Reuters)

Ketika diuji coba pada mamalia seperti beruang kutub, rusa dan ikan paus, BPA telah membuat efek samping pada hewan seperti kanker testis, deformasi genital, jumlah sperma rendah, dan infertilitas.

Selain itu, plastik memiliki karsinogen lain termasuk PVC, dioxin, dan styrene, yang semuanya terkait dengan kanker. Di dalam microwaves, panas mentransfer bahan kimia dalam plastik dengan sangat efektif ke dalam makanan Anda.

Ketika makanan dipanaskan, makanan yang menyentuh plastik menerima bahan kimia yang terbuang ke luar. Akibatnya, ketika kita mengonsumsi bahan kimia tersebut, maka dapat meningkatkan risiko kanker, infertilitas dan malapetaka pada fungsi normal sistem reproduksi dan otak Anda.

Baca Juga: Foto-Foto Ini Membuktikan Lelaki Memang Makhluk yang Aneh

Image result for microwaves, reuters

(Foto: Reuters)

Seorang ginekolog berbasis di Hyderabad, Dr Swati, menyarankan untuk meminimalkan penggunaan plastik sebanyak mungkin dan mengemas makanan dalam wadah-wadah kaca. Pasalnya, kaca tidak pernah mentransfer bahan kimia dengan cara yang sama seperti plastik, dan jauh lebih aman untuk memanaskan makanan Anda.

Saat ini, peningkatan penggunaan plastik dalam gaya hidup sehari-hari dapat menjadi faktor yang berkontribusi, menyebabkan peningkatan infertilitas di seluruh dunia. Sebuah laporan dari FDA menyatakan bahwa bahan kimia, kebanyakan BPA, berdampak buruk pada kesuburan pria dan wanita.

Menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh masyarakat Amerika tentang kesehatan reproduksi, BPA juga menghambat implantasi embrio, dan karenanya hal ini terkait dengan tingkat kegagalan in vitro-fertilisasi yang lebih tinggi. Zat ini juga dapat menyebabkan keguguran berulang.

Baca Juga: Awet Muda, Ini Rutinitas dan Rahasia Perawatan Wajah Maudy Koesnaedi Setiap Hari

Image result for microwaves, reuters

(Foto: Reuters)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)