Share

Hindari Kekhawatiran Atas Kejadian Teror Bom, Lakukan 5 Tips Berikut!

Dewi Kania, Okezone · Selasa 15 Mei 2018 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 15 196 1898499 hindari-kekhawatirkan-atas-kejadian-teror-bom-lakukan-5-tips-berikut-PaIrhAC4bu.jpg Ibu dan anak (Foto: Sunny923)
A A A

AKIBAT dari teror Bom Surabaya, membuat sebagian orang resah dan khawatir mengalami kejadian sama di lingkungan sekitarnya. Sebaiknya jangan takut, justru kamu harus mawas diri dan berpikir positif supaya tetap nyaman beraktivitas.

Adanya teror bom ini jelas bisa mengganggu psikis seseorang. Apalagi kabar beritanya disiarkan terus-menerus di surat kabar dan televisi, membuat sebagian orang tambah takut.

Nah, kamu bisa mengatasi kekhawatiran dan keresahan akibat teror bom itu. Lakukan lima tips berikut yang dibeberkan Psikolog Keluarga Sani Budiantini, Selasa (15/5/2018).

(Baca Juga: Gogon Meninggal Dunia Karena Penyakit Jantung, Kenali 10 Faktor Risikonya)

Berpikir positif

Di mana saja berada, kamu harus selalu berpikiran positif. Perbanyak doa dan jangan berpikir yang macam-macam. Yakinkan bahwa kejadian teror bom ini tidak akan terulang di lokasi berbeda, apalagi di tempatmu. Sebab, tim keamaan saat ini gencar membongkar skandal teroris agar kejadian ini tidak merebak.

Jangan percaya informasi hoax

Banyak informasi hoax menyebar di media sosial yang membuat orang tambah resah. Misalnya, kabar hoax yang menginformasikan bahwa sementara waktu kamu jangan berkunjung ke pusat perbelanjaan, restoran junk food, coffee shop dan lainnya. Sebaiknya, jangan percaya kabar tersebut, tetapi kamu harus tetap waspada di mana saja dan berpikirlah positif.

Main gadget

Batasi penggunaan media sosial

Sejak kejadian teror Bom Surabaya pada Minggu lalu, membuat orang menyebarkan banyak informasi dan bahkan mencoba memviralkan foto-foto korban. Jangan lakukan itu, karena bisa semakin mengguncang psikis keluarga korban. Lebih baik batasi juga penggunaan media sosial supaya kamu lebih nyaman dan tidak merasa ikut terancam.

Tenangkan diri

Agar kamu tidak merasa terancam dengan teror bom, coba tenangkan diri lebih dulu. Banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan, lalu lakukan hal positif yang membuatmu lupa. Jauhi hal negatif yang membuatmu tambah resah, misalnya jangan percaya dengan kabar burung yang tersebar di mana saja.

Saat anak takut teror bom, berilah pengertian

Ancaman teror bom tak hanya menghantui orang dewasa. Anak-anak pun dapat ikut terancam. Ketika anak mulai khawatir dan bertanya-tanya tentang teror bom ini, sebaiknya beri pengertian kepada mereka. Jelaskan kepada anak-anak bahwa lingkungan sekitar masih aman, karena ada tim keamanan yang sudah ditugaskan untuk menjaga negara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini