Share

11 Pasang Calon Pengantin Menikah di Atas Panser, Maknanya Bikin Cinta NKRI

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 15 196 1898544 11-pasang-calon-pengantin-menikah-di-atas-panser-maknanya-bikin-cinta-nkri-rZZs7MIfnL.jpg Prosesi menikah di atas panser di Yogyakarta (foto: Antara)
A A A

YOGYAKARTA - Sebanyak 11 pasang pengantin mengikuti kegiatan bertajuk Nikan Bareng Indonesia di atas panser di Jalan Malioboro Kota Yogyakarta, Senin kemarin sore.

"Nikah Bareng Indonesia di atas panser pertama di Indonesia bahkan di dunia ini dengan tema 'Satukan Hati dan Jiwa untuk Kebhinnekaan Indonesia'," kata Ketua Panitia Nikah Bareng Indonesia Ryan Budi Nuryanto di Yogyakarta.

Baca Juga: Tips Jalan-Jalan Tetap Aman di Tengah Teror Bom

Menurut dia, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Kabupaten Bantul, Paguyuban Tias Kota Yogyakarta, dan beberapa pihak terkait yang didukung Pemerintah Kota Yogyakarta.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan Nikah Bareng Indonesia itu dirangkai dengan kirab Pelangi Nusantara mulai dari depan Balaikota Yogyakarta menuju Jalan Malioboro depan Kantor DPRD DIY yang mana para pengantin tersebut naik panser.

"Sebanyak 11 pasang pengantin dengan prosesi ijab qabul oleh Kepala KUA Danurejan Yogyakarta itu dengan mengenakan busana manten lengkap dari berbagai daerah sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika," kata Ketua Fortais Sewon Bantul ini.

Ryan mengatakan, yang fenomenal dalam nikah bareng Indonesia ini adalah mahar (mas kawin) yakni seperangkat alat sholat, bendera merah putih dan pengucapan teks Pancasila yang dilakukan secara bersama-sama di atas panser.

Menurut dia, tujuan dari kegiatan Nikah Bareng Indonesia adalah untuk mewujudkan pasangan sakinah sejahtera membawa kedamaian dan keberkahan untuk Indonesia sesuai dengan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat ber-Pancasila.

"Dengan perbedaan yang ada inilah sebagai perekat Persatuan Bangsa berlandaskan budaya dan kearifan lokal daerah masing-masing peserta sehingga pernikahan ini membawa misi religi, budaya, kebangsaan, dan destinasi wisata DIY," katanya.

Baca Juga: Gogon Meninggal Dunia Karena Penyakit Jantung, Kenali 10 Faktor Risikonya

Ia mengatakan kegiatan Nikah Bareng Indonesia yang difasilitasi Fortais Sewon dan pihak terkait ini bersifat terbuka dan umum, sehingga masyarakat juga bisa ikut bersama mendoakan untuk kelangsungan keluarga mereka.

"Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat sudah tujuh tahun ini Fortais Sewon dapat memfasilitasi dari penjodohan hingga pernikahan sekitar 7.000 pasang sebagai keluarga yang sakinah dan berpancasila," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini