Share

Menikmati Sunset di Embung Nglanggeran, Keindahannya Dijamin Menghipnotis

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 15 406 1898417 menikmati-sunset-di-embung-nglanggeran-keindahannya-dijamin-menghipnotis-XyDBQrQRfV.jpg Embung Nglanggeran. (Foto: Instagram/malik_ash_shidiqi)

OBYEK wisata di Yogyakarta seakan tidak pernah habis untuk dikunjungi. Terlebih, ada beberapa warga yang memang bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk memunculkan obyek wisata baru. Salah satu obyek wisata baru yang tengah populer adalah Embung Nglanggeran.

Telaga buatan ini terletak di pinggang Gunung Api Purba Nglanggeran, Dusun Nglanggeran Wetan, Patuk, Gunungkidul. Dulunya telaga ini merupakan bukit yang kemudian bagian atasnya dipotong untuk dijadikan tempat penampungan air. Air biasanya digunakan untuk mengairi perkebunan petani saat musim kemarau.

Lalu pada Februari 2013, Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan tempat penampungan air tersebut dan selanjutnya menjadi obyek wisata. Begitu dibuka, Embung Nglanggeran langsung membuat masyarakat merasa penasaran sehingga tertarik untuk berkunjung. Maka tak heran bila sekarang obyek wisata tersebut ramai dikunjungi.

Baca Juga: Berniat Jadi Pengiring Pengantin Profesional? Cek Gajinya di Sini

(Foto: Instagram)

Salah satu daya pikat telaga buatan ini adalah lokasinya yang unik dan pemandangan yang sangat mempesona, walaupun hanya bisa sekadar melihat jernihnya air ditambah dengan suasana yang tenang akan semakin syahdu menjelang matahari terbenam.

Perpaduan sinar matahari senja dengan perbukitan hijau mampu menghipnotis mata siapapun yang memandangnya. Pemandangan itu juga akan terefleksi di permukaan air. Maka dari itu, waktu terbaik untuk mengunjungi telaga buatan ini adalah sore hari.

Walau begitu, wisatawan bisa datang dari siang karena di sekitar telaga terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Selain itu wisatawan juga bisa mengabadikan beberapa foto dengan latar belakang perbukitan hijau. Tapi ingat, jangan mencoba berenang apalagi menyemplungkan sesuatu ke dalam telaga.

Baca Juga: 5 Wanita Berotak Cemerlang, Para Pria Jangan Minder Ya!

(Foto: Instagram)

Untuk menuju Embung Nglanggeran, wisatawan bisa mengambil rute menuju Jalan Wonosari dan melanjutkan perjalanan ke daerah Piyunga. Kemudian ambil arah menuju Bukit Patuk/Hargodumilah atau “Bukit Bintang”, tiba di perempatan belok ke kiri dan menuju Desa Ngoro-Oro.

Sesampainya di pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II belok ke kanan dan terus ikuti papan penunjuk jalan menuju Kebun Buah Nglanggeran. Dari situ obyek wisata sudah semakin dekat, namun wisatawan harus mendaki puluhan anak tangga terlebih dahulu. Meskipun lelah, tapi semua perjalanan itu akan terbayar sesampainya di atas bukit.

(Foto: Instagram)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini