Share

Lebaran Harusnya Jadi Momen Mempromosikan Batik Lokal

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 16 194 1899050 lebaran-harusnya-jadi-momen-mempromosikan-batik-lokal-HltzzQ7PLy.jpg Ilustrasi (Shutterstock)
A A A

PURWOKERTO - Lebaran bisa menjadi momentum untuk mempromosikan batik lokal, kata Pengamat Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Bambang Widodo.

"Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat busana muslim berbahan dasar batik dengan corak khas batik lokal," katanya di Purwokerto, Rabu (16/5/2018).

Baca Juga: Viral! Perayaan Ulang Tahun ala Indonesia Disoroti Media Asing

 Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Upaya tersebut, kata dia, juga bisa dilakukan oleh para perajin batik lokal yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Batik Banyumas ini memiliki motif yang sangat unik dengan warna-warni alam atau kecokelatan yang sangat khas. Sangat menarik bila dibuat desain busana muslim menyambut Lebaran, akan berkesan mewah," katanya.

Untuk itu, dia mengajak para perajin batik lokal yang ada di Banyumas untuk memanfaatkan momentum Lebaran 2018 meningkatkan kreatifitas sekaligus berperan serta dalam mempromosikan batik lokal.

"Perajin batik secara responsif dapat menyambut kehadiran momen lebaran dengan membuat baju-baju siap pakai berbahan batik yang unik dan menarik," katanya.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa pemerintah daerah perlu berperan aktif dalam upaya mendorong perajin batik memanfaatkan momentum Lebaran.

"Misalkan, pemerintah daerah bisa mendorong para perajin batik yang punya ruang pajang untuk menyiapkan baju-baju batik siap pakai untuk menyambut Lebaran," katanya.

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Baca Juga: Benarkah Minum Susu saat Sahur Bikin Kenyang Berjam-jam?

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah bisa ikut mempromosikan melalui website atau media sosial lainnya. "Pemerintah daerah juga bisa ikut memasarkan langsung melalui perusahaan daerah dan dekranasda," katanya.

Dengan demikian, kata dia, batik Banyumas diharapkan mampu menembus pasar yang lebih luas dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini