Share

Viral! Perayaan Ulang Tahun ala Indonesia Disoroti Media Asing

Annisa Aprilia, Okezone · Rabu 16 Mei 2018 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 16 196 1898842 viral-perayaan-ulang-tahun-ala-indonesia-disoroti-media-asing-0CUZt2yE1l.jpg Ultah Diceplokin (The Sun)
A A A

HAMPIR sama dengan negara lain, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk merayakan hari jadi dan hari kelahiran. Namun, bedanya di Indonesia dikenal ada istilah 'ceplokin' saat seseorang melangsungkan perayaan hari ulang tahunnya.

Ketika diceplokin orang tersebut akan menerima serangan-serangan seperti lemparan telur, tepung, kue ulang tahunnya, dan air, yang maksudnya hanya sekadar lelucon. Seperti yang dilakukan oleh sebuah keluarga ini, mereka melempari seorang anak laki-laki yang tengah berulang tahun itu dengan telur dan kue ulang tahunnya.

 Baca juga: Bercerai, 4 Pasangan Selebritis Ini Balikan dan Makin Mesra

Ultah Diceplokin (The Sun)

Namun, amat disayangkan lemparan bertubi-tubi dan banyak yang didapatkan oleh anak laki-laki yang belum diketahui namanya tersebut membuat anak tersebut nampak tersiksa. Bahkan, video perayaan ulang tahun ini viral, diprotes netizen, dan disoroti oleh salah satu media asing, The Sun.

Video perayaan ulang tahun itu diabadikan di Indonesia dan secara luas dikutuk oleh netizen di media sosial setelah dipublikasikan minggu lalu, seperti yang dilansir dari The Sun, Rabu (16/5/2018). Perayaan ulang tahun seperti itu dianggap sebagai bentuk kasih sayang, tetapi bocah laki-laki dalam video tampak sangat hancur oleh lelucon jahat yang dimainkan keluarganya.

 Baca juga: Tega Banget! 3 Pendaki Perempuan Ini Hipotermia karena Ditinggal Temannya demi Sampai Puncak

Video dimulai dengan menunjukkan seorang anak laki-laki kecil yang bersemangat menunggu untuk memotong kue ketika anggota keluarga di sekitarnya selesai bernyanyi "Selamat Ulang Tahun". Anak itu dengan bersemangat mulai memotong kue ulang tahunnya, namun tiba-tiba dengan kasar ada seseorang yang memecahkan telur di atas kepalanya.

Anak kecil yang semula tersenyum bahagia, wajahnya segera berubah menjadi kaget, karena semakin banyak orang dewasa yang dengan penuh semangat mulai melemparinya lebih banyak telur mentah ke seluruh tubuh dan wajahnya, sementara orang lain melempar semangkuk penuh kuning telur kepadanya.

 Ultah Diceplokin (The Sun)

Anak itu pun akhirnya basah kuyup dengan kuning telur, tertegun oleh lelucon yang diterimanya. Oleh karena ingin tetap memakan kue ulang tahunnya seperti anak kecil pada umumnya, dia pun kembali mencoba untuk mengirisnya. Sayangnya, ada seseorang lagi yang kemudian menghancurkan kue dan mengolesinya ke seluruh wajah anak itu.

 Baca juga: Berdamai dengan Masa Lalu, 3 Mantan Suami-Istri Ini Kompak Hadiri Wisuda Sekolah Anaknya

Saat orang-orang dewasa menyerangnya dengan kue, anak itu menggelengkan kepalanya dalam kesedihan dan berusaha menutupi punggungnya dengan tangannya. Bahkan ketika dia menggelengkan kepalanya untuk meminta keluarganya berhenti melakukan lelucon yang sama sekali tidak lucu baginya, orang-orang dewasa itu tetap terus melemparkan makanan ke atasnya dan mengoleskan kue ke seluruh kepalanya. Anak laki-laki tersebut terlihat kaget, kemungkinan trauma, dan sedih karena ulah keluarganya yang kelewatan ini.

Video yang telah mencatat lebih dari satu juta tayangan dalam seminggu itu jelas memicu kemarahan warganet di media sosial. Banyak pengguna media sosial yang mengomentari orangtua anak itu dan percaya bahwa lelucon kejam akan berakibat buruk. Salah satunya Sandra Barbagallo berkomentar “Saya rasa ini tidak lucu sama sekali. Anak ini terlihat sangat tidak senang. ”

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini