Share

Spot Anak Milenial yang Ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Digital

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 16 406 1898884 spot-anak-milenial-yang-ditetapkan-sebagai-destinasi-wisata-digital-HyFKizIaRX.jpg Localquides

PERKEMBANGAN teknologi mengubah kebiasaan masyarakat hingga memunculkan tren baru, termasuk pada ranah pariwisata. Perubahan pola perilaku saat mengunjungi sebuah destinasi wisata menjadikan masyarakat gemar berfoto dengan latar belakang apik, membuat pemerintah memutar otak, dan menciptakan destinasi wisata digital.

Destinasi digital tersebut sengaja dibuat agar pariwisata Indonesia semakin diminati oleh wisatawan yang khususnya generasi milenial dan generasi lainnya yang juga tertular trennya. Berikut 9 destinasi digital buatan pemerintah yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Rabu (16/5/2018).

1. Pasar Karetan, Kendal

Namanya memang pasar, tapi Pasar Karetan adalah pasar kekinian yang dibuat atas dasar program pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan berhasil memikat hati para pelancong, hingga meluangkan waktu untuk datang berkunjung. Di Pasar Karetan meskipun namanya pasar, tapi jauh dari kesan kotor, becek, dan bau khas pasar tradisional. Ketika mengunjungi destinasi wisata yang berada di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini, Anda bisa menikmati ragam kuliner tradisional, permainan tradisional, hingga berfoto-foto dengan latar belakang yang ciamik.

2. Pasar Pancingan, Nusa Tenggara Barat

Berada cukup dekat dari pusat Kota Mataram, Pasar Pancingan patut Anda sambangi ketika berada di Nusa Tenggara Barat. Di Pasar Pancingan Anda akan menemukan pemandangan pasar yang dikemas dengan wisata. Untuk spot foto-foto ada area persawahan dan spot lainnya yang Instagrambel, sementara untuk kuliner Anda bisa menjajal makanan khas Lombok, dan tentu memancing ikan di kolam-kolam yang sudah disediakan.

3. Baba Boentjit, Palembang

Bertempat di pinggir Sungai Musi, Baba Boentjit menambah rentetan destinasi digital yang kekinian dan Instagramable. Gabungan budaya, atraksim dan kuliner khas Palembang bisa Anda temui ketika menyambangi Baba Boentjit.


4. Pasar Kaki Langit, Mangunan

Menyambangi Pasar Kaki Langit bisa jadi surganya para pelancong yang mencintai kuliner khas Yogya. Pasalnya, di pasar ini Anda bisa sepuasnya jajan dan menyantap kuliner tradisional, di antaranya tiwul, pecel, gudeg manggar, dawet ayu, wedang utuh, kelanan, berongkos, sego ireng, sego goreng, dan kuliner tradisional lainnya yang begitu menggiurkan sambil melihat atraksi tradisional, seperti gedug lesung.


5. Pasar Tahura, Lampung

Pasar Tahura bukanlah destinasi baru, tapi tampilannya dikemas lebih apik dengan dihuni oleh aneka ragaman hayati dan satwa, sehingga kembali ramai dikunjungi wisatawan. Oleh karena termasuk destinasi digital, maka Pasar Tahura pun memiliki banyak spot Instagramble yang diincar oleh banyak wisatawan.


6. Pasar Kaulinan Menes, Banten

Selain memiliki spot-spot foto kekinian, Pasar Kaulinan Menes yang berada di Banten ini juga memiliki area outbond, berbagai macam permainan tradisional, dan seni pertunjukan tradisional khas Banten. Destinasi digital Pasar Kaulinan Menes yang digerakan oleh Generasi Pesona Indonesia Banten tersebut berharap bisa menjadi destinasi baru yang diminati banyak wisatawan.

7. Pasar Semarangan, Semarang

Pasar Semarangan memiliki suasana yang berbeda dari pasar yang dijadikan destinasi digital, karena berada di Hutan Wisata Tinjomoyo, Semarang. Saat berada di pasar kekinian ini para pelancong bisa menyantap ragam kuliner, stan budaya dan hobi, atau sekadar berburu foto dengan latar belakang ciamik.


8. Pasar Mangrove, Batam

Letak Pasar Mangrove hanya sekira 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim. Adanya fasilitas spot foto yang cukup banyak, tersedianya camilan, bersantai di gubuk-gubuk, dan kantin kejujuran, membuat pasar yang juga disebut Pasar Bakau ini menjadi diminati banyak wisatawan.

9. Pasar Siti Nurbaya, Padang

Pasar Siti Nurbaya tidak hanya sekadar tempat bertemunya penjual dan pembeli saja, tapi pasar yang juga jadi salah satu destinasi digital tersebut telah menjadi salah satu ikon kuliner di Sumatera Barat. Ada beraneka ragam kuliner Indonesia, khususnya Sumatera Barat, yang selalu dirindukan dan diminati oleh masyarakat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini