Share

Peringati Hari Buku Nasional, Pemerintah Dukung Program Donasi Buku untuk Masyarakat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Kamis 17 Mei 2018 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 17 196 1899387 peringati-hari-buku-nasional-pemerintah-dukung-program-donasi-buku-untuk-masyarakat-YRjsLpHzgG.jpg Ilustrasi (Foto: Dok.Okezone)
A A A

KAMIS 17 Mei 2018 merupakan peringatan hari buku nasional. Seluruh aktivis pencinta buku beserta jajaran pemerintahan ikut serta menunjukkan komitmennya dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional dengan membantu pendistribusian buku-buku ke tempat tujuan. Rata-rata buku yang terkumpul disalurkan ke wilayah Indonesia bagian timur.

Tak hanya memperingati hari buku nasional, bulan ini genap satu tahun program donasi buku untuk masyarakat. Para penggiat Taman Baca Masyarakat di seluruh Indonesia bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia dalam upaya untuk mempermudah penyebaran buku.

Mereka berharap dengan adanya kerjasama tersebut, penyebaran buku dapat tepat sasaran. Menurut data yang diperoleh, hingga April 2018 sekira 25,580 koli buku dengan total berat 160,463 ton berhasil didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Program ini merupakan bentuk Implementasi “BUMN Hadir untuk Negeri” yang sudah dicanangkan sejak beberapa tahun lalu. Diharapkan dengan program tersebut, setiap program BUMN bisa memberikan kontribusi nyata dalam membantu masyarakat.

Baca Juga: Berburu Takjil Gratis Selama Puasa? Catat Tempat-tempatnya

Program donasi buku ini diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk membaca. Selain itu pemerintah juga bisa mendukung pemerataan pendidikan melalui budaya literasi sampai ke pelosok nusantara.

Penggiat Literasi

Selain Hari Buku Nasional dan Satu Tahun Donasi Buku untuk masyarakat, pada kegiatan ini dicanangkan pula Gerakan Literasi untuk Toleransi yang dipimpin oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Kepala Perpusnas.

“Pada tahun ini, tingkat literasi di Indonesia kurang memuaskan, dari total 68 negara, Indonesia berada di peringkat ke 64. Program ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan literasi di pelosok-pelosok Indonesia,” tutur Gilarsi W. Setijono selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia, sebagaimana dihimpun Okezone, Kamis (17/5/2018).

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Berpakaian, Mana yang Sering Kamu Lakukan?

Sebagaimana diketahui, penyebaran pengetahuan yang belum merata ditandai oleh keterbatasan akses atas buku di berbagai penjuru. Hal itu dinilai sebagai salah satu masalah besar yang menghambat pembangunan SDM Indonesia.

Oleh sebab itu Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan PT Pos Indonesia untuk mengirim buku secara gratis ke seluruh penjuru setiap tanggal 17 Mei.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini