Share

Lembutnya Puding Lumut ala Chef Farah Quinn, Bikin Sejuk saat Berbuka Puasa

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 19 Mei 2018 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 19 298 1900229 lembutnya-puding-lumut-ala-chef-farah-quinn-bikin-sejuk-saat-berbuka-puasa-zlFnShAAFG.jpg Pudding Lumut (Instagram Farah Quinn)
A A A

TIDAK bisa dipungkiri, saat memikirkan camilan untuk berbuka puasa, yang kebanyakan terlintas di pikiran sebagian banyak orang adalah gorengan. Mulai dari bakwan goreng, risol, tempe goreng, dan sebagainya.

Padahal sudah tidak asing lagi bahwa menyantap goreng-gorengan terlalu sering dan banyak bisa merugikan untuk kesehatan. Namun, nyatanya banyak orang yang memang lebih memilih untuk berbuka dengan gorengan karena kudapan ringan satu ini enak dan mudah dibeli di mana saja.

 Baca juga: Resep Bandeng Kremes Lezat, Cocok untuk Menu Berbuka

Namun tahukah Anda, situs Livestrong melansir, gorengan adalah makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Satu gram lemak dalam gorengan mempunyai kadar 9 kalori dibandingkan dengan 4 kalori yang ditemukan dalam setiap gram protein atau karbohidrat. Sementara itu, laporan investigasi kesehatan CBS News medio Februari 2013 lalu mengungkapkan bahwa seseorang yang makan makanan berminyak setiap hari atau enam kali seminggu akan meningkatkan risiko stroke hingga 41 persen. Mengonsumsi makanan yang digoreng setiap hari juga dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe-2. Terakhir, makan gorengan dalam kuantitas tinggi disertai waktu yang intens juga bisa meningkatkan kanker prostat.

Nah, daripada berbuka dengan gorengan terus menerus yang dapat membahayakan, kenapa tidak membuat penganan ringan sendiri di rumah yang lebih sehat, enak dan mudah dibuat sendiri. Contohnya puding lumut alan chef kenamaan Tanah Air, Farah Quinn. Seperti apa resepnya? Seperti yang dituliskan Farah Quinn di laman akun Instagram pribadinya (farahquinnofficial), berikut uraian resepnya, Sabtu (19/5/2018).

Baca juga: 2 Rekomendasi Resep Camilan Sehat untuk Menunggu Waktu Sahur Tiba

Puding lumut


Bahan-bahan;

2 bungkus agar-agar (tidak berwarna);

3 butir, kocok lepas

1000 ml air;

250 ml santan kental;

200-250 gram gula pasir (sesuai selera)

¼ sendok teh garam;

250 ml jus pandan ( 10 lembar daun pandan atau secukupnya, potong-potong 3 cm, blender dengan 250 ml air. Saring );

Cara membuat:

1. Dalam keadaan dingin campur kocokan telur dengan santan. Aduk rata;

2. Masukkan bubuk agar-agar, gula, garam, jus daun pandan dan air. Aduk hingga rata dan tidak menggumpal;

3. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk (penting untuk terus diaduk karena berpengaruh pada pembentukan butiran-tekstur lumut). Saat mendidih akan mulai terbentuk lumut (butiran dari telur yang matang). Biarkan mendidih sebentar, baru matikan api,

4. Tuang ke cetakan puding sesuai selera, dinginkan. Masukan kulkas atau bisa juga langsung disajikan;

5. Puding lumut pandan hijau siap disajikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini