Share

7 Makanan & Minuman Berkhasiat untuk Cegah Kanker Kulit

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 20:19 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Omegahealthandwellness)

KARENA sengatan sinar matahari yang sering menembus kulit, dapat membuat seseorang rentan alami melanoma. Penyakit ini tidak boleh diabaikan, karena harus Anda cegah. Salah satu caranya yakni mengonsumsi makanan sehat yang disarankan ahlinya.

Cuaca panas tidak bisa dikalahkan dari yang lainnya. Apalagi selama puasa, tak sedikit orang mengeluh saat beraktivitas akibat kegerahan. Yang perlu Anda tahu, paparan radiasi dari sinar ultraviolet sangat buruk dampaknya bagi kesehatan kulit. Nah, masyarakat Indonesia sangat terancam dengan faktor risiko ini, tapi tidak pernah disadari.

Dalam jangka panjang, kanker kulit akan mengintai Anda dengan diam-diam. Sementara itu, Anda harus memperhatikan makanan apa saja yang harus dikonsumsi, agar kulit lebih sehat dan bebas serangan melanosit.

 Baca Juga: Derita Kondisi Aneh, Perempuan Ini Geli Sendiri Lihat Orang Lain Dikelitik

Dilansir Boldsky, Senin (21/5/2018), berikut adalah 7 daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Hampir semua mengandung vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan kulit.

Oat untuk sahur atau sarapan

Sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa makan sahur tak boleh dilewatkan agar tubuh tetap berenergi selama puasa. Anda bisa memilih menu-menu yang berbahan dasar oat. Jika Anda mendapatkan asupan makanan sehat, tentu tubuh akan melawan pertumbuhan sel kanker kulit. Maka dari itu, jangan salah pilih makanan seperti gorengan, roti tawar, muffin, cake, atau makanan manis lainnya yang justru bisa merusak sel kulit Anda yang berbahaya.

 

Konsumsi yoghurt

Para ahli menyarankan agar Anda rajin untuk mengonsumsi yoghurt secara teratur. Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda. Studi penelitian telah menyatakan bahwa bakteri baik dalam tubuh kita memiliki kemampuan untuk melawan agen yang menyebabkan kanker kulit. Karenanya, Anda tak boleh malas untuk makan beragam sajian menu yoghurt kapan saja.

Minum kopi

Kabar gembira, seseorang yang rajin minum kopi setidaknya dua cangkir sehari, kulitnya lebih sehat dan ada perlindungan dari sinar ultraviolet. Penelitian bahkan telah menyebutkan, minum kopi tak hanya cuma membuat orang mudah membangkitkan suasana hati. Namun juga, manfaatnya dapat mencegah kanker kulit. Sebab, kopi mengandung tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Makan sayuran hijau

Beragam jenis sayuran hijau juga tidka boleh dilewatkan untuk dikonsumsi. Sayuran ini tidak Cuma kaya antioksidan, tetapi juga nutrisi lainnya yang mengurangi risiko kanker kulit.Disebutkan para ahli, bahwa sayuran hijau seperti daun bayam, kangkung, sawi, brokoli dan lainnya mengandung tinggi vitamin A dan C. Maka nutrisi itu punya kemampuan untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat sengatan sinar matahari.

Makan tomat

Saat buka puasa, Anda bisa membatalkan dengan jus tomat. Selain mengusir rasa haus dan dehidrasi, tomat juga baik untuk mencegah kerusakan sel kulit. Tomat mengandung likopen yang mampu menjaga kesehatan kulit. Anda juga dapat meningkatkan kekebalan dan mengobati gangguan pencernaan dengan rajin mengonsumsi tomat segar.

 

Kacang-kacangan

Sebagian besar dari kita sudah tahu fakta bahwa kacang, seperti almond, kacang mete, pistachio, dan lainnya sangat bergizi. Aneka jenis kacang-kacangan mengandung vitamin, protein, mineral dan asam lemak omega-3. Makanan ini juga membantu mencegah kanker kulit, karena kandungan vitamin E yang ada dalam kacang bertindak sebagai pelindung diri dari sinar ultraviolet matahari.

 Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Minum teh hijau

Kebiasaan minum teh hijau nampaknya sudah jadi tren orang Indonesia. Minuman ini mengandung antioksidan yang tidak hanya membantu mengurangi stres, membantu menurunkan berat badan, serta mencegah kerusakan radikal bebas yang menyerang kulit.

1
2