Share

Drama Gol Tangan Tuhan Pemain Persela ke Gawang Persija

Hendry Kurniawan, Okezone · Senin 21 Mei 2018 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 21 49 1900602 drama-gol-tangan-tuhan-pemain-persela-ke-gawang-persija-3Qg8ObVgc4.jpg Persela vs Persija (Foto: Antara)
A A A

LAMONGAN – Sebuah kontroversi terjadi di laga Persela Lamongan kontra Persija Jakarta dalam lanjutan pekan kesembilan Liga 1 2018 pada Minggu 20 Mei 2018 malam WIB. Pasalnya, dalam laga tersebut, gelandang Persela, Diego Assis, mencetak sebuah gol menggunakan tangan yang kemudian disahkan oleh wasit.

Pertandingan antara Persela kontra Persija itu terjadi di Stadion Surajaya, Lamongan. Laga sebenarnya berlangsung sengit, di mana kedua kesebelasan bermain saling menyerang, namun tak ada gol yang tercipta. Gol baru hadir di menit ke-83 yang dicetak oleh Assis melalui tangan ajaibnya. Hal tersebut jelas membuat para pemain Persija kecewa. Terlebih karena gol itu kontroversial.

Sebelum mencetak gol menggunakan tangannya, Assis sebenarnya lebih dahulu melepaskan tendangan akrobatik, usai menerima umpan cantik dari rekan setimnya. Sayangnya, tendangan salto tersebut membentur tiang gawang dan membuat bola memantul.

(Baca juga: Persija Bertekad Akhiri Paceklik Kemenangan di Lamongan)

Bola muntah tersebut kemudian diperebutkan oleh Assis dan penjaga gawang Persija, Daryono. Entah karena sebuah kesengajaan atau tidak, gelandang asal Brasil itu kemudian menjulurkan tangannya dan mendorong bola hingga menggetarkan jala gawang Persija.

Melihat bola masuk ke gawang, Assis pun lekas berlari ke pinggir lapangan bersama rekan-rekan setimnya guna melakukan selebrasi di hadapan para pendukung Persela. Sementara itu, para pemain Persija lekas memprotes keputusan wasit, Annas Apriliandi, yang meniup peluit untuk mengesahkan gol tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Annas diduga tak melihat dengan jelas kejadian tersebut. Selain kejadiannya berlangsung cepat, aksi Assis juga terhalang oleh tubuh Daryono. Meskipun asisten wasit yang berada di tepi lapangan melihat dengan lebih jelas, namun ia tetap tidak memberikan sinyal apa pun kepada Annas.

Gol ajaib Assis tersebut tentunya membuat banyak orang teringat dengan gol Tangan Tuhan karya Diego Armando Maradona bersama Timnas Argentina di Piala Dunia 1986. Kala itu, Argentina berhadapan dengan Inggris di babak perempatfinal. Laga tersebut berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Argentina.

Diego Maradona

Ada kesamaan dalam aksi Assis dan Maradona tersebut. Selain sama-sama mencetak gol dengan bantuan tangan (yang mana hal itu dilarang), kedua pemain tersebut juga lekas melakukan selebrasi begitu mengetahui bola masuk ke dalam gawang. Baik Assis dan Maradona seolah tidak mempedulikan bagaimana reaksi yang lain atau keputusan wasit yang kemungkinan bisa berubah. Bagi keduanya, yang terpenting adalah melakukan perayaan dan meningkatkan mental tim.

Pada akhirnya, di laga Persela kontra Persija tersebut, tim tuan rumah menang dengan skor 2-0. Pada menit ke-90+5, Shohei Matsunaga mencetak gol kedua bagi Persela dan menghancurkan harapan Persija untuk bisa membawa pulang poin dari Lamongan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini