Share

Rumah Anda Terasa Gerah? Coba Ganti Catnya dengan Warna Ini

Tiara Putri, Okezone · Rabu 23 Mei 2018 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 22 196 1901454 rumah-anda-terasa-gerah-coba-ganti-catnya-dengan-warna-ini-8T6D3Tb2Av.jpg Perumahan. (Foto: ANT)
A A A

CUACA panas yang akhir-akhir ini sering terjadi membuat orang enggan berlama-lama di luar ruangan. Terlebih paparan sinar matahari berlebih dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti kulit terbakar dan kanker kulit. Kebanyakan memilih untuk berteduh atau segera masuk ke ruangan yang berhawa sejuk.

Rumah adalah salah satu tempat favorit untuk berlindung dari teriknya sinar matahari. Akan tetapi, tentu suasana bisa berubah menjadi tidak nyaman jika hawa di rumah tetap terasa panas walaupun tidak berkeringat. Meskipun sudah menyalakan pendingin ruangan, hal itu biasanya tidak cukup berpengaruh.

"Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan suhu udara dan kelembapan yang tinggi sepanjang tahun. Paparan sinar matahari dan hujan berintensitas tinggi merupakan faktor yang dapat mengganggu tingkat kenyamanan dari penghuninya," tutur arsitek Ren Katili saat ditemui dalam acara 'Inovasi Perlindungan Eksterior Terbaru Dulux Pada Bangunan dan Hunian di Daerah Tropis' di kawasan Karet Tengsin, Jakarta.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Terancam Punah Terhajar Perkembangan Teknologi

Maka dari itu, pemilihan material menjadi sangat penting untuk membuat hunian seperti rumah terasa nyaman. Salah satu hal yang memicu hawa panas di dalam rumah adalah pemilihan warna cat yang salah. Dijelaskan oleh Ren, ada jenis warna tertentu yang cocok untuk negara yang dekat dengan garis ekuator.

"Indonesia itu radiasi mataharinya tinggi. Nah, kalau di negara-negara tropis itu warna-warnanya harus cerah karena akan memantulkan sinar matahari, tidak menyerap," ucap pria yang juga Founder and Principal dari Studio ArsitektropiS. Dirinya menganalogikan warna cat rumah dengan warna baju yang dikenakan.

"Kaya orang deh, kalau pakai baju hitam di tengah terik matahari pasti terasanya panas di dalamnya. Tapi kalau kita pakai baju warna terang itu memantulkan. Maka kalau disarankan sih warna-warna yang lebih terang, lebih bright, itu warna-warna untuk daerah tropikal," tambahnya.

Baca Juga: Usai Operasi Jantung, Ayah Meghan Markle Tepergok Seruput Kopi Starbuck

Minim Ruang, Hunian Vertikal Bisa Jadi Solusi Masalah Perumahan dan Penataan Jakarta

Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bila pemilihan warna cat terutama di bagian eksterior sebaiknya warna-warna seperti kuning, merah, oranye, biru, dan lainnya agar dapat memantulkan sinar matahari sehingga membuat hawa di dalam lebih terasa sejuk.

Penggunaan warna gelap seperti hitam dan abu-abu malah bisa menyerap panas sinar matahari yang berdampak pada hawa panas di dalam ruangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini