Share

Penasaran Lihat Pohon Kurma? Ini 3 Destinasi yang Bisa Anda Kunjungi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 406 1901662 penasaran-lihat-pohon-kurma-ini-3-destinasi-yang-bisa-anda-kunjungi-XSiHknlaXs.jpg Ilustrasi (Foto: Piknikdong)

KURMA merupakan salah satu makanan dari Timur Tengah dengan rasa yang manis. Teksturnya yang manis dan legit membuat buah ini menjadi santapan favorit berbuka puasa yang nikmat.

Selain rasanya yang manis, cara makannya yang simpel membuat orang semakin tertarik dengan buah ini. Buah ini hanya memiliki biji tunggal berukuran besar, sehingga memudahkan orang untuk mengupasnya.

Kini penggemar kurma di Indonesia semakin banyak. Bagi Anda yang suka akan kenikmatan kurma, dan penasaran melihat kurma langsung dari pohonnya, kini tidak perlu repot-repot pergi ke Timur Tengah.

Saat ini beberapa tempat di Indonesia menyediakan kebun kurma yang bisa dinikmati pengunjung. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang beberapa kebun kurma yang ada di Indonesia.

 Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Kebun Kurma Pasuruan

 

Tempat wisata ini terletak di Sukorejo dan resmi dibuka pada awal 2017. Lahan seluas 3,7 hektar ini disulap menjadi kebun kurma yang sangat menarik. Para pengunjung dapat melihat hamparan pohon kurma dan zaitun. Anda yang suka kurma juga bisa menikmati berbagai olahan minuman dan makanan yang berbahan dasar kurma.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan batik dengan motif kurma. Lebih menakjubkannya lagi, pengelola menyediakan pesawat yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat kebun kurma dari atas ketinggian. So, kalian wajib mencoba tempat wisata yang satu ini.

Masjid Agung Al-Barkah (Bekasi)

 

Berbeda dengan kebun kurma di Pasuruan. Kurma kali ini tumbuh di halaman masjid Agung Al-Barkah, Bekasi. Masjid ini sudah ada sejak 1980-an, dan memiliki halaman seluas 3000 meter. Uniknya di halaman masjid ini, terdapat beberapa pohon kurma yang kerap berbuah saat bulan Ramadhan. Hingga saat ini tercatat ada 12 pohon kurma yang telah ditanam sejak 2005. Kabarnya, setiap panen, kurma dari pohon ini selalu dibagikan kepada jamaah masjid.

Kebun Kurma (Aceh)

 

Selain di pulau Jawa, Aceh juga memiliki kebun kurma lho. Kerja keras Mahdi Muhammad berhasil menyulap lahan tandus seluas 18 hektare menjadi perkebunan kurma. Sekiranya ada 2000 pohon kurma yang telah tertanan di tempat ini. Usaha ini mulai dilakukan oleh Mahdi sejak 2015 dengan membebaskan lahan mati milik pemerintah. Selain menanam pohon kurma, Mahdi juga memelihara domba yang berfungsi untuk menciptkan pupuk alami bagi kebunnya. Diperkirakan kurma milik Mahdi sudah siap dipanen pada Mei 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini