Share

17 Desa di Kabupaten Magelang Terkena Dampak Letusan Freatik Gunung Merapi

Fadel Prayoga , Okezone · Rabu 23 Mei 2018 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 510 1901549 17-desa-di-kabupaten-magelang-terkena-dampak-letusan-freatik-gunung-merapi-cm2xW1uHqJ.jpg Gunung Merapi (foto: Antara)
A A A

JAKARTA – Gunung Merapi kembali mengeluarkan letusan freatik dengan durasi selama 4 menit pada Rabu (23/5/2018) sekira pukul 03.31 WIB. Berdasarkan pantauan dari CCTV, kawah Merapi tertutup kabut tebal. Status gunung tersebut hingga saat ini masih berstatus waspada.

Berdasarkan keterangan tertulis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Wilayah Sebaran Abu ada 17 desa terkena dampak letusan, di antaranya Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Kota Mungkid, Muntilan, Sawangan, Pabelan, Tempuran, Candimulyo, Ketep, Blabak, Kalinegoro, Salaman.

Melihat Aktivitas Gunung Merapi yang Berubah Status Jadi Waspada Aktivitas Gunung Merapi yang Berubah Status Jadi Waspada (foto: Antara)

"Masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap tenang, selalu wasapada dalam beraktivitas," tulis keterangan resmi BPBD Kabupaten Malang yang diterima Okezone.

Kemudian, BPBD Kabupaten Malang juga meminta para masyarakat yang tinggal di dekat Gunung Merapi untuk menggunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas di luar ruangan.

Tetap pantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya (BPPTKG, BMKG, BNPB, BPBD). Untuk para pendaki Gunung Merapi berdasarkan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), sementara seluruh kegiatan pendakian ditutup.

Terakhir, masyarakat dihimbau untuk tidak mempercayai dan tidak ikut menyebarluaskan berita hoax yang dapat meresahkan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini