Share

Nikmatnya Pakkat, Menu Berbuka Puasa Primadona Orang Mandailing

Liansah Rangkuti, Okezone · Kamis 24 Mei 2018 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 24 298 1902162 nikmatnya-pakkat-menu-berbuka-puasa-primadona-orang-mandailing-qzK9MbZXIO.jpg Pakkat diburu jadi menu berbuka puasa di Mandailing (Foto: Liansah/Okezone)
A A A

PAKKAT, bahasa Mandailing Natal Sumatera Utara, yang artinya adalah pucuk rotan, Pakkat yang satu ini bagi masyarakat Mandailing Natal (Madina), selalu jadi menu primadona pada saat puasa.

Hal itu tampak jelas di beberapa pasar bukaan puasa selalu ramai diburu oleh pembeli untuk menu makanan saat berbuka puasa. seperti Hatta Usman Rangkuti (35), warga Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Madina. Hampir tiap hari setiap bulan puasa Ramadan, Dirinya rutin membuat pakkat sebagai menu tambahan berbuka puasa.

"Ya kalau pakkat itu selalu saya beli untuk menu tambahan saat berbuka puada dan itu sudah seperti menjadi kebiasaan bagi warga mandailing saat bulan puasa membuat menu berbuka itu pakkat," sebut Hatta Usman Rangkuti saat di temui Okezone di Pasar Baru Panyabungan, Rabu 23 Mei 2018.

Pakkat

Terpisah, tidak hanya penikmat rotan yang merasakan lezatnya pakkat, ternyata si penjual pakkat pun setiap bulan suci Ramadan di Mandailing selalu ramai. Jadi, pakkat pun sangatlah mudah untuk ditemukan di daerah ini

"Karena jualan pakkat lebih mudah memperoleh keuntungan, dan kalau jual pakkat bulan puasa itu lebih laris dan cepat lakunya" tambah Aisyah Nazwa Lubis, si penjual Pakkat

Viral! Aksi 4 Pria Berendam di Atas Truk yang Berjalan, Berminat?

Aisyah dan adiknya perempuan berjualan pakkat menjelaskan, harga satu batang pakkat masih bisa terjangkau, yakni antara Rp 5.000 - Rp 10.000/ batang tergantung ukuran.

"Kebiasaan yang beli juga minimal 2 batanglah dan kalau di daerah kita mandailing ini pakkat itu sudah suatu khas untuk kawan nasi saat berbuka puasa" ujarnya

Pakkat

Jadi, pakkat ternyata biasa juga dicampur dengan sambal kecap dan rasanya sungguh nikmat. Bahkan pakkat juga bisa digulai dengan ikan mas dan masih banyak cara memasak pakkat lebih menarik.

"Pakkat selain rasanya banyak diminati warga kita Mandailing, Pakkat juga bisa diolah berbagai macam masakan, pokoknya kalau tidak ada pakkat berbuka puasa terasa ada yang kurang, itu kata warga kita Mandailing" timpal Aisayh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini