Share

Siapkan Hidangan Berbuka Puasa, Yuk Masak Bandeng Panggang Sambal Mangga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Sabtu 26 Mei 2018 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 26 298 1903017 siapkan-hidangan-berbuka-puasa-yuk-masak-bandeng-panggang-sambal-mangga-fKRwPCvxZ9.jpeg Bandeng sambal mangga untuk buka puasa (Foto: Flohomerecipes)
A A A

BANDENG merupakan salah satu bahan makanan yang paling gampang diolah. Rasanya yang lezat dan gurih membuat semua orang menyukai ikan yang satu ini. Tekstur daging bandeng yang lunak dan memiliki banyak duri halus, membuat ikan ini kerap dimasak secara dipresto.

Tentunya hal ini sangat membosankan, jika harus memakan bandeng presto setiap saat. Sebenarnya ikan ini bisa dijadikan makanan dengan rasa yang berbeda dengan keterampilan memasakn yang baik dan benar.

Dalam artikel ini Okezone akan membagikan cara memasak Bandeng Panggang Siram Sambal Mangga. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan cara memasak yang mudah, masakan ini bisa menjadi hidangan yang tepat untuk berbuka puasa.

Bahan:

1 ekor ikan bandeng segar

200 gram mangga muda (parut kasar)

1 sdm air jeruk nipis

½ sdt garam

200 ml air

Bumbu bandeng yang dihaluskan:

1 sdt ketumbar bubuk

1 siung bawang putih iris

1 sdt garam

Bumbu sambal yang dihaluskan:

3 buah cabai merah, iris

1 siung bawang putih, iris

1 sdt terasi

2 sdm gula pasir

1 sdt garam

200 ml air

Cara membuat:

1.bersihkan dan cuci bandeng, lalu belah 2 dari bagian kepala hingga ekor. Bandeng yang sudah dibersihkan ditarik kepala dan ekornya secara serempak agar duri terlepas dari dagingnya, lalu lumuri dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit, baru dilumuri dengan bumbu untuk daging bandeng.

2.panaskan minya goring di dalam wajan anti lengket. Panggang bandeng dengan dibolak baoik agar matang merata. Sebelumnya dipanggang, dapat juga dipotong sesuai dengan porsinya.

3.rebus air dan bumbu sambal hingga mendidih dan agak kental, angkat, dinginkan dan masukkan parutan mangga, diamkan selama 30 menit. Hidangkan bandeng panggang dengan disiram sambal mangga muda.

Bandeng Sambal Mangga(Foto: Flohomerecipes)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini