Share

Marc VDS Terancam Undur Diri dari MotoGP pada 2019

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 27 Mei 2018 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 27 38 1903422 marc-vds-terancam-undur-diri-dari-motogp-pada-2019-cBtW4npOzP.jpg Marc VDS. (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

GOSSELIES – Masa depan Tim Marc VDS di ajang balap motor kasta tertinggi, MotoGP, kini tengah dipertanyakan. Akibat kemelut yang terjadi di dalam tim, Marc VDS kemungkinan tidak dapat turut berlaga di ajang MotoGP musim depan.

Masalah besar memang tengah menimpa Marc VDS. Sebagaimana diwartakan Tuttomotoriweb, Minggu (27/5/2018), sang pemilik, Marc van der Straten, kabarnya tengah mengalami masalah finansial sehingga mengakibatkan keikutsertaan timnya di ajang MotoGP.

Marc VDS

(Marc VDS. Foto: Laman resmi MotoGP)

Pendapatan tim yang bermarkas di Belgia itu kabarnya tak sebanding dengan pengeluaran setiap musimnya. Dana yang besar harus dikeluarkan Marc VDS karena turun di dua kelas, yakni MotoGP dan Moto2. Di ajang MotoGP sendiri, mereka harus mengeluarkan dana 14,5 juta euro atau sekira Rp239 miliar per tahun. Sementara di ajang Moto2, Marc VDS harus mengeluarkan dana Rp2,5 juta euro atau sekira Rp41 miliar setiap tahunnya.

BACA JUGA: Marc VDS Jalani Negosiasi dengan 3 Pabrikan untuk Jadi Tim Satelit

Pengeluaran besar ini berbanding terbalik dengan pendapatan Marc VDS setiap musimnya. Terlebih, kedua pembalap Mac VDS saat ini, yakni Franco Morbidelli dan Thomas Luthi, tak dapat memberikan penampilan yang apik. Sampai saat ini, Morbidelli baru mengumpulkan 16 poin, sementara Luthi belum mendapatkan poin satu pun.

Marc VDS

(Marc VDS. Foto: Laman resmi MotoGP)

Dengan kondisi ini, kabar penarikan diri Marc VDS dari ajang MotoGP pun semakin santer terdengar. Terlebih, Marc VDS terlihat tak terburu-buru untuk datang ke materi MotoGP 2019 serta musim-musim berikutnya.

Tak hanya dana, kemelut juga terjadi di jajaran pengelola Tim Marc VDS. Manajer mereka, yakni Michael Bartholemy, dipecat oleh Van der Straten karena dituduh menggelapkan uang. Tugas besar pun ditopang manajer tim principal baru, yakni Luca Montiron, untuk menghidupkan kembali kejayaan Marc VDS di ajang MotoGP.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini