Share

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Khasiat Buka Puasa Minum Jus Kiwi Semangka

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 16:47 WIB
$detail['images_title']
Jus kiwi semangka (Foto: Boldsky)

BUKA puasa dengan jus kiwi dan semangka kenapa tidak? Tak hanya menyegarkan, minuman ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan menurunkan berat badan.

Jus kiwi-semangka pasti sangat cocok sebagai minuman awal yang bisa batalkan puasa Anda. Dari dua jenis buah itu khasiatnya melimpah, terutama untuk mendetoksifikasi tubuh.

Dijelaskan lebih lanjut, kiwi adalah buah yang cocok untuk menurunkan berat badan. Sementara semangka dapat membersihkan ginjal dan kandung kemih, karena mengandung sifat diuretik yang membantu mengeluarkan racun dan retensi cairan.

Semangka mengandung 92% air, yang membuatnya mencegah gangguan ginjal, retensi air, gangguan kandung kemih, sembelit dan meningkatkan penurunan berat badan. Di sisi lain, kiwi adalah sumber vitamin C yang lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk.

Kiwi kaya vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat, magnesium, tembaga, dan kalium untuk menyediakan energi. Kandungan seratnya buah ini juga mmapu mebakar lemak, sekira 42 kalori.

Setiap buah kiwi memiliki sekira 0,4 gram lemak dan mengandung 2,1 gram serat. Makan buah ini bisa bikin perut kenyang tahan lama. Satu buah kiwi mengandung 0,6 kalori per gram. Dalam jangka panjang, buah kiwi mencegah penyakit kardiovaskular dan mencegah pembekuan darah.

Baca juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Diketahui pula kandungan vitamin C dalam kiwi juga bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit pernapasan, seperti batuk kronis atau asma. Kiwi membantu menenangkan saluran pernapasan dan membawa gejala seperti mengi dan sumbatan hidung terkendali.

Akan sangat cocok sekali bila buah kiwi dikombinasikan dengan semangka yang mengandung tinggi air dan serat. Semangka adalah buah nol kolesterol dan lemak.

Dalam dua mangkuk potongan semangka mengandung 80 kalori dan non lemak. Makan semangka juga dapat menenangkan otot-otot Anda yang sakit.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural Food and Chemistry menyebutkan, semangka mampu menyembuhkan sakit otot berasal dari senyawa yang dikenal sebagai L-citrulline. Buah ini juga mengandung asam amino esensial lainnya yang dikenal sebagai L-arginine, yang meningkatkan sirkulasi dan melemaskan pembuluh darah.

Jus Semangka

Semangka juga mengandung vitamin B6, yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan kaya akan antioksidan yang disebut lycopene. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan degenerasi makula.

Baca juga: 6 Gaun Pengantin Paling Ikonik Sepanjang Masa

Karenanya, sangat penting jika Anda menggabungkan dua jenis buah tersebut. Adapun metode membuatnya pun cukup mudah, sebagaimana berikut, dilansir Boldsky, Senin (28/5/2018).

Bahan:

¼ buah semangka, potong

2 buah kiwi, potong

Air secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan potongan buah kiwi dan semangka ke dalam blender. Tambahkan air dan es batu.

2. Haluskan semua bahan, jika sudah tuang ke dalam gelas saji.

3. Tambahkan potongan dua jenis buah itu sebagai topping-nya. Jus buah semangka-kiwi siap dinikmati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)