Share

Wajib Baca! Kanker Kulit Juga Bisa Menyerang Miss V

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 00:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Miss v (Foto: Clinics)

PENYAKIT kanker kulit tak hanya menyerang karena paparan sinar matahari. Banyak faktor yang jadi penyebabnya. Selain itu, penyakit ini bisa menyerang bagian tubuh mana saja termasuk di vulva yaitu area luar Miss V seperti bibir dan klitoris.

Kanker kulit pada vulva dikenal dengan istilah kanker sel skuamosa vulva dan melanoma vulva. Meskipun angka kasus untuk penyakit ini masih terbilang jarang, tetap saja kaum perempuan harus mencegahnya terjadi. Sayangnya, untuk mencegah kanker vulva tidak cukup dengan mengoleskan tabir surya di area tersebut.

 (Baca Juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!)

"Saya telah mengobati sejumlah perempuan yang memiliki melanoma vulva atau melanoma vagina. Ternyata tidak tidak ada satupun dari mereka yang pernah berjemur telanjang," ungkap Robert Debernardo, MD, seorang ob-gyn seperti yang dikutip dari Health, Selasa (29/5/2018). Salah satu penyebab jenis kanker ini adalah kondisi genetik.

 

Kanker vulva memiliki beberapa tipe namun yang paling umum adalah kanker sel skuamosa. Kanker ini disebabkan oleh perubahan pada sel-sel kulit yang melapisi Miss V dan vulva. Penyakit ini cenderung memengaruhi perempuan pascamenopause di usia 70-an dan 80-an.

Akan tetapi, beberapa bentuk terkait dengan HPV bisa terjadi pada wanita yang lebih muda. Faktor risiko untuk jenis kanker ini adalah merokok, sistem kekebalan yang lemah, lichen sclerosus (kondisi kulit), dan kondisi prakanker. Tanda-tanda dari kankr ini bisa berupa benjolan, luka, ruam, atau kutil, serta perubahan pigmen pada vulva dan Miss V.

Selanjutnya ada melanoma yang merupakan bentuk kanker vulva paling umum kedua. Kanker ini dimulai dengan melanosit atau sel berpigmen. Melanoma bisa terjadi pada perempuan usia muda maupun tua dan biasanya muncul dengan tanda hitam atau coklat pada kulit vulva atau menjadi pigmen yang sama dengan kulit vulva Anda.

 (Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding)

Gejala umum seperti perubahan pigmen sangat sulit untuk dideteksi. Maka dari itu, inilah pentingnya bagi seorang perempuan untuk mengunjungi ginekolog setiap tahun guna mengecek kondisi Miss V-nya. Pada saat kunjungan, biasanya dokter akan memeriksa vulva dan Miss V untuk tanda-tanda kanker kulit vulva atau yang lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)