Share

Kuat Puasa, Adi Nugroho Bocorkan Rahasia Trik Makan dan Minum saat Sahur

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 02:30 WIB
$detail['images_title']
Adi Nugroho (Foto: @adinugroho_st/Instagram)

MENJAGA kesehatan selama bulan Ramadan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bila rutinitas yang harus dijalani sangatlah padat. Tidak adanya asupan makanan dan minuman membuat tubuh kekurangan bahan bakar untuk membakar energi sehingga menjadi terasa mudah lelah.

Sebagai seorang pekerja di industri hiburan Tanah Air, Adi Nugroho turut merasakan hal itu. Di bulan ini pekerjaan yang diambilnya juga cukup banyak. Walau begitu, dirinya memiliki tips tersendiri untuk lancar menjalani ibadah puasa.

“Tips dari aku memang yang penting satu, puasa itu memang sebenarnya mental, jadi keikhlasan kita. Kalau kita ikhlas, dalam arti kita jangan ngerasa lagi puasa. Itu kuncinya sih,” papar Adi saat ditemui dalam sebuah kesempatan di Jakarta belum lama ini.

Dijelaskan suami dari Donita itu, bila puasa dijalani dengan tidak merasa lagi puasa, tubuh akan menjadi lebih kuat. Sebaliknya, bila merasa sedang berpuasa, tubuh malah bawaannya berat.

Selain memiliki pola pikir yang tidak biasa, Adi juga memiliki kiat-kiat tersendiri untuk menjaga kesehatannya selama berpuasa. Ayah 2 orang anak ini menjelaskan pentingnya menjaga pola makan.

“Minum harus banyak sebelum imsak, terus kumur-kumur sampai pangkal tenggorokan. Makan juga secukupnya, 1 jam sebelum subuh kalau bisa sudah selesai makan jadi perut juga enggak begah,” terangnya.

Adi Nugroho

Tak hanya saat sahur, dirinya juga tidak asal ambil makanan ketika berbuka puasa. “Pertama kali aku biasanya ambil air putih jadi biar badan itu enggak kaget. Kalau kita langsung minum manis takutnya gula darah naik, jadi mendingan minum air putih dulu biar netral baru masuk sesudahnya yang manis,” ucap Adi.

Pembawa acara itu juga selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga bila ada jadwal kosong. “Olahraga tetap aku jalanin, kalau sempat aku olahraga, tapi sore. Aku memang biasa di mobil selalu bawa sepatu dan baju olahraga. Jadi kalau bisa berhenti di mana yang bisa lari, ya lari, kurang lebih setengah jam,” jelas Adi.

Sementara itu, bila dirinya merasa tidak segar ketika sedang berpuasa, Adi memilih untuk mandi atau membasuh wajahnya dengan air. “Supaya pas lagi jalaninnya (puasa) segar,” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)