Share

5 Patung Buddha Raksasa di Indonesia, Sudah Pernah Lihat?

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 29 Mei 2018 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 29 196 1904136 5-patung-buddha-raksasa-di-indonesia-sudah-pernah-lihat-80oOm3Arw7.jpg Patung Buddha. (Foto: Reuters)
A A A

SALAH satu bagian dari agama Buddha adalah sosok Buddha itu sendiri. Beberapa arca Buddha menggambarkan makna kehidupan yang bermacam dan tentunya mengandung arti yang mendalam.

Bicara mengenai Buddha, di Thailand ada patung Buddha tidur yang cukup populer di seluruh dunia. Patung tersebut menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak diincar oleh umat Budha atau wisatawan pada umumnya.

Begitu populernya patung Buddha tidur ini pun membuat banyak orang yang rela pergi ke Thailand untuk bisa menyaksikan langsung betapa megahnya patung tersebut. Tapi, kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke Thailand.

Pasalnya, di Indonesia saja ada patung Buddha tidur yang tidak kalah megah. Okezone pun mencatat setidaknya ada 5 lokasi patung ikonik ini dan mungkin bisa jadi referensi wisata Anda

Baca Juga: Bukan Ukiran Biasa, Begini Makna Relief Candi Borobudur

1. Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat

(Foto: GreatIndonesia)

Patung Buddha tidur berada di dalam vihara ini. Terletak di Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Bogor, lokasi vihara ini tentunya tidak begitu jauh dari ibukota.

Sedikit informasi, vihara ini dibangun pada 2005 tanpa patung Buddha tidur pada awalnya. Namun, pada 2010, patung Buddha tidur pun dibangun atas prakarsa seorang pengurus bernama Andy Suwanto Dhanujaya atau yang biasa disapa Ade. Dia menjelaksan bahwa prakarsa itu muncul setelah dia menerima wangsit.

Bicara mengenai patung Buddha tidur di sini, patung dibangun sepanjang 18 meter dengan tinggi 3,75 meter. Sedangkan, panjang dipan di bawah patung mencapai 22 meter. Pada patung ini, Buddha digambarkan sedang mengenakan pakaian emas dengan lambang Swastika di dadanya.

Baca Juga: Candi Buddha yang Terkenal di Dunia, Indonesia Paling Megah!

2. Maha Vihara Mojopahit

(Foto: buddhazine)

Jika Anda ingin tahu, Mojokerto merupakan wilayah yang dikenal dengan situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan. Di kota ini, berdiri kokoh patung Buddha tidur yang terletak di Maha Vihara Mojopahit, di Jalan Candi Brahu Gang I, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

Diketahui, patung tersebut dibangun pada 2001 dan diakui sebagai salah satu patung Buddha tidur paling besar di Asia. Patung tersebut memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter.

Patung ini dicat emas mengkilat yang menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama dalam keadaan suci. Patung juga dibuat menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Budha.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Vihara Buddhagaya Watugong

(Foto: dolandolen)

Siapa sangka, dari beberapa pagoda yang berdiri kokoh di vihara ini, patung Buddha tidur pun dibangun di dalamnya. Bahkan, jika ditelisik lebih dalam, patung tersebut dibangun sekitar 1950-an. Posisi patung menggambarkan Sang Buddha Parinibbana dalam posisi tidur di bawah pohon sala. Di bagian depan patung terdapat tempat berdoa.

4. Vihara Dhammadipa Arama

(Foto: dhammacakka)

Vihara yang biasa disebut dengan Padepokan Dhammadipa Arma ini dijadikan sebagai tempat meditasi umat Budha. Selain itu, vihara ini juga merupakan replika dari Pagoda Shwedagon. Jika masuk ke dalam vihara ini, Anda akan melihat patung Buddha tidur. Sama seperti kebanyakan patung Buddha tidur lainnya, patung di sini pun dicat emas.

5. Vihara Dharma Giri

(Foto: Teluklove.com)

Meskipun terkenal dengan agama Hindu, Bali ternyata menjadi tempat tinggal bagi umat Budhan juga. Di Pulau Dewata ini, salah satu vihara yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Vihara Dharma Giri.

Ada sedikit informasi, pada awalnya vihara ini dijadikan sebagai tempat beribadah umat Budha. Namun, setelah dibangun patung Buddha tidur, lokasi ini menjadi tempat wisata juga bagi para pendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini