Share

Unggah Tutorial Make-Up untuk Sahur, Lini Kosmetik Mewah Ini Tuai Kritikan

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 02 Juni 2018 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 02 194 1905719 unggah-tutorial-make-up-untuk-sahur-lini-kosmetik-mewah-ini-tuai-kritikan-Ct5S5Pl9Vy.jpg Tutorial make-up (Foto: Instagram)
A A A

KITA pasti pernah mengalami situasi di mana, niat baik kita untuk melakukan sesuatu tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan. Sebab, kembali lagi setiap pribadi memiliki pandangan dan sudut pikir yang berbeda-beda satu nama lain.

Rasanya inilah yang sedang dialami oleh lini kosmetik mewah terkenal di dunia, MAC. Pasalnya, lini kosmetik yang berkantor pusat di kota New York ini sedang ramai dikritik oleh netizen. MAC Cosmetics yang selama ini dikenal mengampanyekan nilai-nilai inklusivitas dan individualitas dan mengusung slogan "We are for ALL ages, ALL races, ALL sexes, (Kami untuk SEMUA usia, SEMUA ras, SEMUA jenis kelamin)," sebagaimana diwarta Popsugar, Sabtu (6/2/2018) akun Instagram MAC Middle East baru saja menuai kritikan terkait unggahan salah satu video di laman akun resmi Instagram-nya, yang mana tidak lain adalah tayangan video tutorial tampilan gaya make-up untuk sahur.

 (Baca Juga:Jadi Anggota Keluarga Kerajaan, Tanda Tangan Meghan Markle Akan Berubah?)

Ya, Anda tidak salah membacanya kok! Sebab, memang yang diunggah oleh akun MAC Timur Tengah tersebut memang benar soal step by step memulas wajah dengan berbagai produk make-up agar tampilan wajah tetap terlihat cantik sempurna saat sedang bersantap sahur saat dini hari.

 video tutorial make-up ini sejatinya ditujukan untuk target pasar di Timur Tengah

Lebih lanjut disebutkan, video tutorial make-up untuk sahur yang ramai dipertanyakan ini diberi nama "Getting Ready for Suhoor" yang mana dijelaskan sebagai momen event berkumpul dengan suasan glamor, sehingga sepantasnya pulasan make-up yang ditampilkan adalah riasan mata bergaya smoky eye, bulu mata yang bold, dan bahkan pulasan highlighter yang cukup banyak.

Namun dijelaskan, video tutorial make-up ini sejatinya ditujukan untuk target pasar di Timur Tengah, yang mana penduduknya memungkinkan berdomisili di suatu area atau daerah di mana tampil rapi nan sempurna adalah sesuatu hal yang biasa. Akan tetapi, tentu saja tidak semua orang bisa berpikiran serupa demikian. Disebutkan, para Muslim Amerika lah yang melontarkan kritikan di media sosial Twitter kepada lini kosmetik mewah ini. Mereka menilai, bahwasanya MAC berusaha mengkomersilkan momen religius seperti bulan Ramadan dan sahur di dalamnya. Sebab, sebagian orang Muslim di Amerika tidak bangun cukup awal hanya untuk memulas wajah dengan full make-up.

 (Baca Juga:Kenali Gejala Hay Fever yang Buruk dan Cara Mengatasinya)

Sementara itu, menurut pantauan Okezone, Sabtu (2/6/2018) di linimasa Instagram, video tutorial make-up untuk sahur ini mengundang reaksi yang berbeda. Ada yang merespon bahwasanya make-up untuk sahur ini adalah sesuatu hal yang tidak bisa diaplikasikan di dunia nyata.

"Sahur adalah waktu di mana kamu bangun jam 2 pagi untuk makan dan kembali tidur. Bukanlah waktu untuk bangun dan bersia-siap memulas wajah dengan make-up, yang benar saja" seru netizen dengan akun xx.samia.

"Makeup untuk Sahur?!! Nak bangun cuci taik mata pun dah susah! @soholina @saliyah54," tulis akun bernama norasohomiller

"Wow, cara lain bagi kolonial untuk menghasilkan uang dari kebudayaan orang lain. Kerja yang bagus," ungkap igotstohaveit.

Akan tetapi tidak sedikit juga yang menjelaskan bahwa kembali lagi make-up sahur ini ditujukan untuk pelanggan di Timur Tengah, yang mana punya tradisi kebiasaan sahur selayaknya acara gathering untuk berbuka bersama.

"Ini ditargetkan untuk orang-orang di Timur Tengah, yang punya waktu sahur sekitar jam 9 malam dan punya tradisi pesta sahur," jelas akun xxviiims kepada driz91113.

"I love you MAC This is an amazing look for suhoor nights in the ME," ungkap fatimaaa887.

"Orang-orang perlu paham bahwa di negara-negara Muslim punya waktu sahur yang berbeda, di mana kamu mungkin saja untuk pergi keluar dan makan di luar dengan penampilan rapi karena tempat-tempat makan memang buka di pukul itu. Aku paham ini tidak realistis jika di Inggris, tapi hal ini hanya menunjukkan bagaimana orang Muslim di seluruh penjuru dunia hidup dengan cara yang berbeda. Aku tidak melihat ini adalah sesuatu yang salah atau lucu dalam video ini. Video ini kemungkinan besar ditujukan untuk mereka yang berada di Timur Tengah," jelas netizen dengan akun bernama saniya__94 panjang lebar.

Hingga berita ini ditulis, video make-up sahur ini sudah ditonton lebih dari 17 ribu kali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini