Share

Haykal Kamil Ingin Habiskan 10 Hari Terakhir Ramadan untuk Itikaf

Miftahul Khoiriyah, Okezone · Selasa 05 Juni 2018 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 05 33 1906939 haykal-kamil-ingin-habiskan-10-hari-terakhir-ramadan-untuk-itikaf-vayrlRkNd3.jpg Haykal Kamil. (Foto: Instagram/@haykalkamil)
A A A

JAKARTA – Pesinetron Haykal Kamil telah mempersiapkan diri untuk menyambut hari-hari terakhir Ramadan. Aktor kelahiran Jakarta, 27 tahun silam itu mengaku ingin mengisi sepuluh hari terakhirnya di bulan Ramadan untuk itikaf.

Bapak satu anak itu ingin Ramadan tahun ini bisa dilalui dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Kalau berbicara kualitas ibadah memang hanya Allah yang bisa mengukurnya. Tapi saya pengin Ramadan tahun ini bisa itikaf di masjid ketika malam ganjil di sepuluh hari terakhir puasa," bebernya saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada 4 Juni 2018.

Baca juga: Intip Video Prewedding Nadine Chandrawinata & Dimas Anggara, Romantis Banget

Dia menambahkan, "Tahun lalu, enggak semua malam ganjil saya gunakan untuk beritikaf, hanya bisa beberapa saja. Tapi tahun ini, niatnya kalau bisa sih semua malam ganjil bisa itikaf.”

Menjalani itikaf saat hari-hari terakhir Ramadan sejatinya bukan hal baru untuk Haykal Kamil. Sejak kecil, ia diajarkan untuk melakukan ibadah tersebut bahkan dengan pengawasan cukup ketat dari sang ibu. Namun sayang, ketika sudah dewasa dia cukup jarang melakukannya.

"Dulu waktu kecil, sepuluh hari terakhir gue enggak boleh keluar dari masjid sama ibu. Jadi, kami benar-benar ada di masjid. Hanya saja, ketika sudah dewasa, kebiasaan baik itu luntur,” katanya.

Penyebabnya, menurut Haykal, karena kesibukan pekerjaannya. “Jadi ada beberapa komitmen kerja yang sudah terlanjur diteken. Jadi, sulit untuk bisa beritikaf,” ujar adik pesinetron Zaskia Adya Mecca tersebut.

Baca juga: Sepakat Cerai, Ade Maya Bakal Anggap Ibnu Jamil Teman

Kini, Haykal berusaha mengembalikan kebiasaan beritikaf tersebut-khususnya di malam ganjil sebelum Ramadan berakhir, karena sadar pahala besar di baliknya. Selain iu, Haykal juga tengah sibuk memperbaiki kualitas ibadahnya terutama dalam hal salat.

Saat ini, dia berusaha untuk kembali bisa menghafal beberapa surat di juz 30 secara perlahan. "Dulu pas salat kayaknya yang dibaca cuma Qulhu (surat Al Ikhlas), Falaq (surat Al Falaq), Nas (surat An Nas). Rasanya bosan, baca itu saja,” tuturnya.

Haykal menambahkan, Ramadan tahun ini dia akan menjajal kemampuannya untuk membaca dan menghafal juz 30. “Saya pengin, tahun ini ada ilmu baru yang dikoleksi.”

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini