Share

Jangan Panaskan Saus Mayones, Ini 4 Bahayanya bagi Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 15:26 WIB
$detail['images_title']
Mayones (Foto: Tasty )

SAUS mayones lezat cocok disajikan bersama aneka olahan masakan Western seperti sandwich atau burger. Tapi jangan pernah memanaskannya karena bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

Tekstur mayones yang creamy membuat banyak kalangan menyukainya. Belum lagi kalau mencium aromanya pun dapat menggugah selera.

Nah masalahnya usai membuka segel botol saus dari putih telur ini, Anda segera menyimpan dalam lemari es. Kemudian sebagian orang malah memanaskan jika ingin dikonsumsi.

Sebenarnya cara ini tidaklah dianjurkan. Karena saus mayones aman disimpan dalam ruangan suhu kamar dan tidak akan basi, asal tidak lebih dari 6 jam. Meskipun bahannya terdiri dari emulsi minyak, telur, kuning telur, jus lemon, dan cuka.

Baca juga: 7 Cara Unik Kucing Ekspresikan Rasa Cinta pada Anda

Kalau Anda memanaskan saus tersebut, ada sejumlah risiko yang dihadapi. Berikut ulasannya , dilansir Boldsky, Selasa (5/6/2018).

Pengaruh bakteri salmonella

Telur mentah merupakan komponen penting dari mayones. Ketika tidak ada pengawet yang ditambahkan dan dipanaskan, akan mempermudah bakteri salmonella berkembang biak. Dalam situasi seperti itu memicu masalah gangguan pencernaan karena paparan bakteri jahat itu.

Merusak rasa makanan

Mayones umumnya dijual siap makan tanpa harus dipanaskan. Kalau sengaja dipanaskan, pasti merusak cita rasa saus itu. Di sisi lain, ada bahaya kesehatan yang mengintai jika Anda terbiasa melakukan cara ini.

Saus akan membusuk

Jika saus mayones dipanaskan ternyata bisa sebabkan pembusukan. Itu karena ada proses pemanasan dan terjadinya perubahan suhu. Dampak negatifnya adalah Anda jadi boros karena terlalu sering membeli saus mayones favorit.

Memicu karsinogenik

Jika mayones dipanaskan dalam microwave bisa memicu sejumlah bahaya bagi kesehatan. Saus tersebut setidaknya mengandung bahan kimia dan pengawet, jika dipanaskan bisa memicu kanker. Terlebih kalau dipanaskan dalam microwave bisa memicu paparan karsinogenik yang seharusnya dihindari.

Baca juga: Gaya PNS Cantik Mirip Ariel Tatum, Bikin Adem Lihatnya!

Tipsnya:

- Jika ingin saus mayones tetap awet dan enak dikonsumsi, sebaiknya Anda menyimpan dalam suhu ruang, tapi ditutup rapat.

- Jangan buka semua segelnya dan tutupnya dibiarkan terbuka. Jika botol mayones kondisinya seperti ini, dalam waktu lebih dari satu jam, saus mayones terasa asam dan tidak layak konsumsi.

- Kalaupun dimasukkan ke dalam kulkas, sebelum menggunakan, Anda bisa mengeluarkan setidaknya satu jam sebelum dimakan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)