Share

5 Aneka Olahan dari Buah Salak, Kulitnya Bisa Jadi Teh Loh

Dewi Kania, Okezone · Rabu 06 Juni 2018 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 06 298 1907320 5-aneka-olahan-dari-buah-salak-kulitnya-bisa-jadi-teh-loh-0Ybg5bAkjT.jpg Ilustrasi Salak. (Foto: Bluekarma)
A A A

MUSIM buah salak tiba! Bagi Anda penggemar buah ini, kenapa tidak sekalian mengkreasikannya menjadi minuman segar, cocok dihidangkan sebagai takjil untuk buka puasa.

Sebagai salah satu buah tropis yang tumbuh di beberapa daerah di Indonesia, salak memiliki banyak jenisnya antara lain yakni salak pondoh, salak Bali, salak gading, salak dari Madura, dan sebagainya.

Tidak hanya enak, buah ini juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Salak mengandung nutrisi yang terdiri dari zat besi, vitamin C, kalsium, karbohidrat, fosfor, protein, hingga lemak baik. Jika dikonsumsi, tentu bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Lantas, buah salak tersebut enak dijadikan olahan minuman apa saja ya? Dirangkum Okezone, Rabu (6/6/2018), berikut adalah lima pilihannya yang bisa Anda cicipi.

Baca Juga: Begini 6 Gaya Santai Via Vallen saat Pakai Celana dan Rok Jeans


(Foto: ANT)

Es sirup salak

Beberapa petani lokal di daerah perkebunan salak mengolah buah ini jadi sirup segar. Anda bisa membeli sirup botol salak yang cenderung rasanya manis dan sedikit asam. Tapi sebenarnya di rumah pun Anda bisa membuat sirup tersebut. Bahan dasarnya terdiri dari air, gula pasir dan buah salak segar.

Cara membuatnya, blender salak sampai halus, lalu ambil sarinya. Siapkan panci yang sudah diisi air dan gula, kemudian masukkan sari buah salak tersebut dan didihkan ke dalam panci. Jika sudah, siapkan air dan es batu untuk membuat minuman yang menyegarkan.

Baca Juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

Teh kulit salak

Kulit salak ternyata bisa dimanfaatkan menjadi teh. Di Salatiga, Jawa Tengah, ada teh kulit salak yang dijual sebagai oleh-oleh. Anda bisa membuat minuman teh kulit salak yang ditambahkan gula pasir. Minuman ini kaya antioksidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama di saat puasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Es buah salak

Jika minum es buah dari melon, pepaya, buah naga, apel, anggur sudah biasa, tidak ada salahnya Anda mengkreasikan salak untuk es buah. Rasanya dijamin nikmat dan bikin Anda tak bosan makan salak. Jelang buka puasa, Anda bisa membuat olahan minuman es buah ini dengan tambahan sirup pandan yang wangi, pasti menggugah selera.

Baca Juga: Gaya PNS Cantik Mirip Ariel Tatum, Bikin Adem Lihatnya!

Puding salak

Anda juga bisa menyiapkan olahan puding untuk berbuka puasa. Manfaatkan buah salak segar yang baru dibeli di pasar. Anda bisa mengombinasikan dengan sari kelapa yang nikmat. Pasti rasanya berbeda dari puding biasa, dari buah-buahan yang umum dipakai.

Setup salak

Beli salak di pasar tapi rasanya terlalu masam? Anda bisa mengolahnya jadi setup salak. Cara bikinnya mudah, cukup rebus daging buah salak dengan air dan gula sampai mendidih. Jika sudah, hilangkan uap panasnya lalu masukkan ke dalam kulkas. Kalau waktunya buka puasa, Anda bisa menghidangkan di meja makan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini